Polrestabes Surabaya Musnahkan 45.827 Botol Minuman Keras

SURABAYA — Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya memusnahkan ribuan botol berisi minuman keras ilegal berbagai merek hasil razia selama bulan Desember.

“Minuman keras, sama halnya dengan penyalahgunaan narkoba, merupakan musuh utama bangsa,” ujar Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Rudi Setiawan di sela kegiatan pemusnahan yang berlangsung di halaman Polrestabes Surabaya, Sabtu (30/12/2017).

Selain itu, dia menambahkan minuman keras merupakan salah satu faktor pemicu tindak kejahatan dan aksi kriminalitas, selain juga narkoba.

Dia mengatakan kegiatan razia minuman keras ilegal yang disertai dengan pemusnahan ribuan botol barang bukti tersebut adalah salah satu upaya kepolisian dalam meningkatkan keamanan di Kota Surabaya.

Kegiatan pemusnahan ribuan botol minuman keras itu turut mengundang tokoh agama dan perwakilan elemen masyarakat, selain juga pejabat dari instansi terkait seperti pengadilan negeri, kejaksaan, dan Pemerintah Kota Surabaya.

Kombes Pol Rudi juga menyerukan terhadap tokoh agama dan seluruh elemen masyarakat Kota Surabaya untuk berkomitmen menghindari pelanggaran yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain, seperti penyalahgunaan minuman keras dan narkoba, yang dapat merusak moral bangsa.

“Saya apresiasi yang sudah bersinergi, baik masyarakat dan instansi terkait di Kota Surabaya,” katanya.

Mantan Direktur Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sumatera Selatan itu merinci minuman keras yang dimusnahkan hari ini adalah sebanyak 3.526 botol berbagai merek, dari hasil tangkapan razia selama sebulan terakhir.

“Kalau secara keseluruhan, sepanjang tahun 2017, barang bukti minuman keras ilegal yang telah kami musnahkan sebanyak 45.827 botol yang terdiri dari berbagai merek,” ucapnya.[Ant]

Lihat juga...