Pos Sehat Makassar Melayani Lansia Seperti Keluarga Sendiri

MAKASSAR — Ruangan itu luasnya sekitar 4 x 5 meter dan terletak di sisi kanan Kantor Kelurahan Sinrijala, Kecamatan Panakukang ini. Walaupun terbilang sempit untuk pelayanan masyarakat tetapi fungsinya besar sebagai pos sehat.

Warga tampak antusias mengikuti pengobatan gratis yang rutin digelar setiap hari Selasa. Kebanyakan yang memenuhi pos sehat ini adalah para warga lansia yang memeriksakan kesehatan mereka.

Pos Sehat sejak 2011 ini sangat membantu para warga. Terlebih lagi para lansia yang tidak dapat berpergian jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas. Jarak Puskesmas antara Kelurahan Sinrijala, juga terbilang jauh.

Menurut Maryati salah satu warga lansia di Kelurahan Sinrijala sangat terbantu dengan adanya Pos Sehat ini. Dia sendiri setiap selasa rutin memeriksakan serta mengukur hipertensinya.

“Dengan adanya pos sehat ini saya merasa terbantu setiap Selasa saya rutin memeriksakan tekanan darah serta tensi saya ke pos sehat ini. Selain itu saya juga tidak perlu berjalan jauh untuk ke puskesmas untuk memeriksakan kesehatan,” ujar Maryati, beberapa waktu lalu.

Pos sehat ini tidak cuma hadir di Kelurahan Sinrijala saja, melainkan di lima titik yang berbeda di Kota Makassar. Kelima titik ini juga memiliki kondisi yang sama yaitu puskesmas yang jauh. Sehingga warga kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Dengan Mengandalkan 3 tenaga medis yang terdiri dari perawat, apoterker, serta dokter. Pos sehat milik dompet duafa ini rutin di buka setiap hari pada tempat yang berbeda-beda. Contohnya saja Kampung Baru, Jongngaya, Tallo daerah tersebut merupakan daerah yang jauh dari Puskesmas.

Lihat juga...