Posdaya Binangun Sejahtera Fokuskan Program Ke Peningkatan Ekonomi Warga

YOGYAKARTA — Sebagai upaya mengatasi masalah utama kemiskinan di Dusun Gunung Gempal, Giripeni, Wates, Kulonprogo, Posdaya Binangun Sejahtera, secara khusus menitikberatkan pemberdayaan di bidang ekonomi sejak pertama didirikan pada 2012 silam.

Semua program baik di bidang pendidikan, lingkungan maupun kesehatan disinergikan guna mengangkat kondisi ekonomi warga dusun.

Dusun Gunung Gempal sendiri, memiliki sebanyak 7 RT dengan jumlah penduduk mencapai 480 KK yang mayoritas bekerja sebagai petani, pedagang, buruh, maupun wirausaha. Berada tak jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten, Dusun Gunung Gempal secara geografis terdiri dari wilayah perbukitan, sementara sebagian lainnya merupakan pemukiman cukup padat.

Sebelum Posdaya berdiri, menurut Kepala Dusun Gunung Gempal, Subardiah, kondisi ekonomi masyarakat terbilang masih lemah. Selain angka pengangguran cukup tinggi, banyak rumah-rumah warga dalam kondisi memprihatinkan dan tak layak huni. Termasuk juga kondisi infrastruktur dusun yang belum baik, mulai dari rusaknya jalan penghubung, hingga belum adanya saluran drainase dan sanitasi.

“Dari situ masyarakat melalui posdaya, dengan didorong kader pemberdayaan dari Yayasan Damandiri, membuat berbagai program terobosan pemberdayaan bagi warga dusun. Hingga akhirnya secara perlahan mulai ada perbaikan,” ujar Kepala Dusun Gunung Gempal, sekaligus Ketua Posdaya Binangun Sejahtera, Subardiah.

Berkat berbagai upayanya itu, pada tahun 2015, Posdaya Binangun Sejahtera bahkan menjadi posdaya terbaik ke II di wilayah korwil DIY. Tak hanya itu saja, pada tahun yang sama Posdaya ini juga ditunjuk mewakili DIY untuk maju dalam ajang posdaya berprestasi tinggat nasional di Semarang, hingga mendapat anugerah posdaya award Yayasan Damandiri.

Lihat juga...