Posdaya Hidayah, Berikan Layanan Kesehatan Lansia

PADANG — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Posdaya Hidayah yang terletak di RT 3 / RW 2, Kelurahan Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, tidak hanya menjadi tempat bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai sosialisasi dalam sebuah kelompok, tetapi turut mendapatkan sejumlah layanan lainnya.

Seperti halnya di bidang kesehatan. Posdaya Hidayah yang bekerjasama dengan Puskesmas di Sawahan Timur, hadir sebagai sebuah kegiatan yang peduli terkait kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan balita melaui Posyandu Balita, tetapi juga turut memberikan kesehatan bagi para lansia, melalui Posyandu Lansia, yang disebut dengan Posdaya Lansia Kereta Senja.

Ketua Posdaya Hidayah, Ningsih mengatakan, untuk Posyandu Lansia sendiri sudah jalan selama tiga tahun. Awal adanya Posyandu Lansia, merupakan kepedulian Posdaya bagi kesehatan para lansia, yang butuh layanan kesehatan.

“Selama ini para lansia untuk mendapatkan layanan kesehatan harus datang jauh ke Puskesmas dalam hal cek kondisi kesehatan. Karena, yang namanya lansia, perlu dilakukan cek kesehatan secara rutin. Kondisi itu membuat kami di Posdaya bergerak untuk melakukan Posyandu Lansia,” jelasnya, Kamis (28/12/2017).

Ketua Posdaya Hidayah Ningsih/Foto: M. Noli Hendra

Hingga berjalan pada waktu tiga tahun ini, dengan adanya Posyandu Lansia sangat terlihat keceriaan dari wajah para lansia, baik itu dari kakek-kakek maupun dari para nenek-nenek, karena telah mempermudah para lansia untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Ningsih juga mengatakan dengan melaksanakan Posyandu Lansia satu bulan sekali pada minggu ke empat atau bertepatan pada hari Kamis, cukup banyak para lansia yang datang memanfaatkan Posyandu Lansia tersebut.

“Untuk jumlah lansia yang datang ke Posyandu Lansia ini ada sekira di atas 20 orang, yang terdiri dari pria dan wanita,” katanya.

Cek kesehatan yang dilakukan oleh para petugas medis di Posyandu Lansia Kereta Senja beragam, mulai dari cek tensi darah, kadar gula, dan timbang berat badan. Berbagai cek kesehatan itu didapatkan secara gratis oleh para lansia yang datang ke Posyandu Lansia.

Warga yang datang pun merupakan masyarakat sekitar yang berada di Kelurahan Sawahan Timur. Biasanya jam layanan cek kesehatan di Posyandu Lansia Kereta Senja, sudah dimulai pukul 09.00 Wib pagi hingga pukul 11.00 Wib siang.

“Jadi nantinya setelah ada cek kesehatan, akan diketahui kondisi kesehatan para lansia. Lalu juga akan ada obat yang dikasih oleh petugas medis, sesuai dengan kebutuhan para lansia,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang nenek yang bernama Lina, yang ikut cek kesehatan di Posyandu Lansia Kereta Senja mengatakan turut rutin melakukan cek kesehatan di Posyandu Lansia, yakni satu kali dalam satu bulan.

Lina mengaku sangat terbantu adanya kegiatan Posyandu Lansia di dekat rumahnya, karena tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh untuk mendapatkan layanan kesehatan. Hal ini mengingat, dengan kondisi yang sudah tidak begitu kuat untuk bepergian dengan jarak yang jauh, Posyandu Lansia Kereta Senja hadir sebagai tempat mempermudah akses layanan kesehatan.

“Kami ini sudah tua-tua, mau ke mana-mana, rasanya fisik ini sudah tidak kuat lagi. Kalau ada layanan kesehatan yang dekat, maka sangat membantu kami para lansia ini,” sebutnya.

Selain itu, Ketua RT 3 / RW 2 Nurmen mengatakan, selaku orang yang dipilih untuk memimpin sebuah kawasan RT, sangat mendukung adanya kegiatan Posyandu Lansia secara gratis itu. Karena memang, akses untuk layanan kesehatan ke Puskesmas di Sawahan Timur terbilang agak jauh, maka dari itu keberadaan Posyandu Lansia sangat membantu.

“Sebelumnya Mbak Ning sudah berkomunikasi dengan saya soal akan membuat kegiatan Posyandu Lansia ini. Dengan demikian, saya pun mendukung keinginan itu. Alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan rutin dan lancar,” katanya.

Para lansia tengah antre melakukan timbang berat badan di hadapan para petugas medis di Posyandu Lansia Kereta Senja/Foto: M. Noli Hendra
Lihat juga...