Posdaya Madu, Galakkan Program Ramah Lansia

MALANG – Banyaknya warga yang sudah memasuki usia lanjut di Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, menjadi fokus utama dari Posdaya Madu untuk segera memberikan perhatian terutama kepada para lansia yang kurang dalam hal ekonomi dan sudah tidak lagi mandiri.

Sesuai dengan program yang diusung di Kelurahan Tasikmadu yakni Ramah Lansia, Posdaya Madu bersama Posyandu Lansia dan berbagai elemen masyarakat memberikan perhatian dan pelayanan terhadap para lansia.

Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan berupa penimbangan berat badan, pengukuran lingkar perut dan pengukuran tekanan darah saja, Posyandu Lansia juga menyediakan konsultasi kesehatan dari tenaga kesehatan Puskesmas serta memberikan makanan ringan untuk lansia.

Pemeriksaan kesehatan lansia. Foto: Istimewa

“Kemudian kami juga melakukan pemeriksaan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat tapi dengan harga yang terjangkau,” jelas anggota Posdaya Madu, Utari Widyaningsih, kepada Cendana News.

Utari melanjutkan, program di Kelurahan Tasikmadu berupa ramah lansia juga ditambahkan dengan adanya senam lansia setiap hari Minggu dan kelas hipertensi di beberapa Posyandu. Kemudian ada juga taman lansia yang berada di RW 6 dan di tingkat kelurahan, serta taman toga.

“Kami juga sudah menyediakan sebuah tempat dimana di sana ditempatkan barang-barang lama yang berfungsi untuk mengingatkan kita dengan masa lalu, sehingga hal tersebut bisa mencegah kepikunan,” ucapnya. Ada pula ruang karaoke yang bisa dimanfaatkan para lansia untuk berkaraoke.

Senam lansia. Foto: Istimewa
Lihat juga...