Preman Super Berdayakan Ibu-ibu Rumah Tangga

MALANG – – – Jika pada umumnya preman didominasi pria berpenampilan sangar dan garang, berbeda dengan Preman Super yang ada di kota Malang. Preman yang satu ini justru berisikan perempuan-perempuan lembut nan tangguh dalam membantu perekonomian keluarga.

Adalah Peni Budi Astuti yang berinisiatif mendirikan komunitas Perempuan Mandiri Sumber Perubahan yang di singkat Preman Super.

Salah satu anggota Preman Super, Yati, menjelaskan bahwa Preman Super adalah sebuah komunitas yang bertujuan untuk memberdayakan Ibu-ibu yang menginginkan tambahan pemasukan untuk keluarganya.

“Jadi dalam komunitas ini para Ibu-ibu dilatih untuk memiliki keterampilan sehingga mereka bisa sedikit membantu perekonomian keluarga. Hal tersebut sesuai dengan visi misi Preman Super yakni pemberdayaan,” jelasnya.

Menurut Yati, dipilihnya bidang ekonomi menjadi menjadi fokus pemberdayaan karena seorang ibu rumah tangga juga memiliki potensi untuk dapat menambah pemasukan rumah tangga. Oleh karena itu para Ibu-ibu dilatih keterampilan sehingga mereka bisa melakukan kegiatan ekonomi di rumahnya masing-masing. Kami juga kerjasama dengan dinas terkait untuk mengikuti peltihan.

“Keterampilan yang diberikan di antaranya kerajinan membuat bunga tulip dari kain perca maupun dari kain flanel. Jadi Ibu-ibu yang biasa bergerak di bidang jahit menjahit bisa memanfaatkan sisa kain percanya untuk kerajinan,”terangnya.

Aneka kerajinan preman super/Foto: Agus Nurchaliq

Kemudian sisa kain daster bisa dibikin sandal. Selain itu juga ada kerajinan rajut dan membuat makanan serta minuman, imbuhnya.

Disebutkan Yati, saat ini anggota Preman Super total ada 250 orang yang kebanyakan berasal dari keluarga menengah ke bawah.

Nantinya anggota bisa menjual hasil kerajinannya sendiri maupun melalui komunitas. Dengan ikut komunitas produk mereka bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Sementara ini pemasaran produk masih melalui pameran dan online,terangnya.

“Kami berharap, Preman Super bisa lebih banyak lagi memberdayakan Ibu-ibu yang membutuhkan pemasukan tambahan untuk keluarganya sehingga bisa menambah percaya diri perempuan “pungkasnya.

Disebutkan, Sekretariat Preman Super berada di Jalan Plaosan Timur Gg Lori No 5 RT 6 RW 9, Blimbing, Malang.

Lihat juga...