Proyek Kilang Minyak Balikpapan, Rekrut Banyak SDM

Editor: Satmoko

80
Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan, Tirta Dewi. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Ribuan tenaga kerja dibutuhkan pada proyek Refinery Development Masterplan Program (RDMP) kilang minyak di Balikpapan. Pihak Pertamina dan Dinas Tenaga Kerja bersama Balai Latihan Kerja (BLK) akan bekerjasama memberikan pelatihan untuk calon tenaga kerja terkait.

Sesuai dengan perencanaan,  proyek ini menyerap sebanyak 20-25 ribu orang tenaga kerja yang diperlukan. Untuk kota Balikpapan akan menyerap sebanyak 9000 orang yang memiliki keahlian.

“Yang dibutuhkan akan banyak tenaga ahli karena puncak pengerjaan pada pipa bawah laut. Pelatihan ini pada tenaga ahli di bidang sefty/scapolding, welter dan perpipaan baik di Balikpapan dan Penajam Paser Utara,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Balikpapan, Tirta Dewi, Rabu (6/12/2017).

Kilang Pertamina di Balikpapan yang menjadi kegiatan RDMP. Foto: Ferry Cahyanti

Dia mengaku saat ini kegiatan rekruitmen masih belum dilakukan, namun saat ini Disnaker maupun Pertamina tengah menggarap mekanisme perekrutan. Oleh sebab itu, segala bentuk kemungkinan penipuan pihak luar sebaiknya dihindari masyarakat.

“Paling sedikit 10 persen dari jumlah serapan tenaga kerja dalam proyek RDMP ini adalah warga Balikpapan atau sekitarnya. Kemudian pelatihan kepada calon pekerja bisa mensupport dalam kegiatan RDMP. Kegiatan pelatihan bisa dilaksanakan untuk tiga tahun ke depan,” paparnya.

Terpisah, Area Manager Communication and Relations Pertamina Kalimantan, Alicia Irzanova membenarkan akan adanya pelatihan karena di Balikpapan kurang tenaga yang memiliki skill yang dibutuhkan.

“Kami memang akan perlu tenaga kerja yang punya skill. Dan yang punya skill kurang,” ucapnya.

Menurutnya, kerja sama dengan Disnaker dan BLK adalah salah satu cara agar pencari kerja memiliki skill.

Selain itu para pencari kerja masih ada kesempatan untuk meningkatkan skill secara mandiri supaya mampu bersaing dengan sesama pencari kerja lainnya.

“Dalam pelatihan BLK pelaksanaannya Pertamina support,” pungkasnya.

 

Komentar