Pupuk Indonesia, Instansi Terbaik Terapkan LHKPN

JAKARTA – PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan instansi terbaik tahun 2017 dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada perusahaan yang telah berkomitmen tinggi dalam pencegahan korupsi melalui LHKPN.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat, di Jakarta, Rabu mengatakan bahwa pihaknya konsisten menerapkan kebijakan tentang kepatuhan pelaporan harta kekayaan pejabat.

Sejak 2013, kepatuhan pelaporan ini wajib dilaksanakan mulai dari setingkat dewan komisaris, direksi dan seluruh jajaran perusahaan sampai dengan pejabat setingkat manajer (grade II) melalui Pedoman Pelaporan Kekayaan Pejabat.

“Kami juga membuat suatu aturan di perusahaan yang mewajibkan hal itu. Jika tidak dilakukan maka ada sanksi tegas,” kata Aas.

Tidak hanya itu, Pupuk Indonesia juga dinobatkan sebagai 15 instansi yang meraih penghargaan kategori Implementasi LHKPN Terbaik Tahun 2017.

Ini berkat upaya perusahaan membentuk Unit Pengelola Laporan Kekayaan Pejabat, kecepatan sosialisasi aplikasi e-Registration bagi pengelola LHKPN, sosialisasi e-Filling bagi Penyelenggara Negara, serta respon keaktifan dari pengelola LHKPN.

Lihat juga...