Rangkul Sejumlah Pihak, Gencar Promosikan UMKM NTB

Editor: Satmoko

48
Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Putu Selly Andayani/Foto: Turmuzi

MATARAM – Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Putu Selly Andayani, meminta kepada sejumlah pihak misalnya semua pemilik hotel dan ritel modern, bisa secara serius ikut memiliki komitmen memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) NTB.

“Produk unggulan UKM NTB banyak sekali, selain proses promosi dan penjualan dilakukan melalui i-shop yang dikelola Pemprov NTB dan pasar seni, hotel dan ritel modern di NTB juga diharapkan ikut mempromosikan,” pinta Selly di Mataram, Jumat (8/12/2017).

Selain promosi, hotel dan ritel modern juga bisa mengakomodir produk olahan dan hasil pertanian dari NTB untuk memenuhi kebutuhan hotel, tanpa harus mendatangkan dari luar NTB.

Diakuinya, sejumlah hotel dan ritel modern saat ini sudah mulai mengakomodir produk UMKM baik kerajinan maupun olahan, tapi ia menilai belum maksimal.

“Kepala masyarakat pelaku UMKM supaya terus memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan, terutama dari sisi kemasan, supaya bisa menaikkan nilai jual produk yang dihasilkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB, Lalu Saswadi mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM NTB, selain dilakukan oleh Pemprov dan Pemda Kabupaten/Kota, juga menggandeng Kementerian UMKM termasuk pihak swasta.

“Pembinaan dilakukan, mulai dari proses pengepakan, disain, kualitas produk, SDM hingga strategi pemasaran,” katanya.

Pembinaan UMKM, baik SDM maupun sisi permodalan dilakukan dengan cara keroyokan, mengingat jumlah UMKM yang cukup banyak mencapai 600 unit sehingga tidak bisa dilakukan sendiri oleh Pemda NTB.

Beberapa BUMN maupun BUMS yang ikut melakukan pengembangan dan pembinaan UMKM antara lain, Angkasa Pura, BI, PLN, Telkom, Astra dan sejumlah perusahaan lain.

“Bagi-bagi tugaslah sehingga banyak teman dalam melakukan pembinaan UMKM. Mengingat setiap tahun penduduk tumbuh sehingga mau tidak mau UMKM juga harus ditumbuhkan sebagai kekuatan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Komentar