Rusia Komitmen Bantu Pertahankan Kedaulatan Suriah

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pesan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad bahwa Rusia akan terus mendukung upaya Suriah untuk mempertahankan kedaulatannya. Pernyataan itu disampaikan Putin saat menyampaikan ucapan selamat tahun baru yang dilansir kantor kepresidenan Rusia, Kremlin, Sabtu (30/12/2017).

Putin menekankan bahwa Rusia akan terus memberikan bantuan kepada Suriah untuk melindungi kedaulatan, kesatuan dan keutuhan wilayah negara tersebut. “Termasuk dalam upaya memajukan proses penyelesaian politik, juga dalam upaya membangun kembali perekonomian nasional,” sebut Kremlin melansir pernyataan Putin.

Pada awal bulan ini, Putin memerintahkan pasukan Rusia di Suriah untuk mulai menarik diri dari negara itu. Namun kebijakan tersebut akan diikuti dengan penempatan pangkalan udara oleh Rusia di Hmeymim, di Provinsi Latakia, Suriah, serta fasilitas angkatan lautnya di Tartous secara permanen.

Rusia pertama kali melancarkan serangan udara di Suriah pada September 2015. Serangan itu merupakan campur tangan terbesar yang pernah dilakukan Rusia di Timur Tengah. Intervensi Rusia membuat posisi Assad dalam konflik di negara itu berada di atas angin. (Ant)

Lihat juga...