hut

Sambut Hari Juang Kartika, Kodam XlV/ Hasunuddin Ziarah Makam

MAKASSAR — Kodam XlV/Hasanudin melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Panaikkang di jalan Urip Somoharjo, Makassar, Kamis (14/12/2017).

Diawali dengan upacara lalu meletakkan rangkaian karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan, doa bersama, kemudian melakukan tabur bunga. Mereka tampak hikmat. Ziarah makam ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Juang Kartika ke-72. Dalam kesempatan tersebut, bertindak selaku pimpinan ziarah Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Agus SB.

Setelah acara pokok ziarah selesai, dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga yang dilakukan secara simbolis oleh Pangdam Hasanuddin diikuti oleh peserta.

“Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai Palagan Ambarawa itu, telah membawa dampak politik secara internasional dan menjadi momentum penting untuk menunjukkan eksistensi TNI AD sebagai penjaga tegak kokohnya NKRI”, ujar Pangdam Mayjen Agus Surya Bakti di sela kegiatannya menabur bunga.

Hari Juang Kartika, pada hakikatnya merupakan peristiwa penting bersejarah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang terjadi 72 tahun silam di Kota Ambarawa. Pada pertempuran Ambarawa tersebut, banyak memakan korban. Tidak hanya masyarakat biasa, namun juga TNI AD yang dulu bernama TKR. Inilah yang menjadi hari bersejarah terbentuknya TNI AD atau juga disebut sebagai hari jadi TNI AD.

Sebelum melakukan ziarah makam, terlebih dahulu Kodam XlV/Hasunuddin juga mengelar banyak kegiatan dalam menyambut Hari Juang Kartika. Seperti karya bakti, lomba-lomba yang melibatkan masyarakat, penghijauan, dan juga bakti sosial dan donor darah.

Mayjen Surya Bakti, menambahkan, kegiatan yang dilakukan ini untuk menyemarakkan penyambutan Hari Juang Kartika yang jatuh pada esok Jumat. “Kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati Hari Juang Kartika 2017. Sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial berupa pembersihan lingkungan sekitar, tempat ibadah, penghijauan dan pengobatan massal serta berbagai kegiatan lomba yang melibatkan masyarakat”, ujarnya.

Hadir dalam ziarah, yakni Kasdam, para staf ahli Pangdam, para Asisten Kasdam, Pa LO-AU/AL, para Kabalak dan Dansat jajaran Kodam Hasanuddin, Ketua Persit dan Wakil Ketua Persit serta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Hasanuddin.

Lihat juga...