Sambut Libur Akhir Tahun dengan Salurkan Hobi Memancing

BALIKPAPAN — Saat liburan menjelang, berbagai lokasi menjadi sasaran bagi masyarakat, tidak terkecuali di Kota Balikpapan yang potensi wisata yang cukup besar. Selain potensi wisata pantai dan hutan mangrove, daerah ini juga memiliki sarana untuk menyalurkan hobi.

Wisata pemancingan sangat mudah ditemui di kota minyak ini karena ada beberapa titik. Salah satunya di Kelurahan Graha Indah yang tidak jauh dari wisata hutan mangrove.

Untuk ke masuk ke lokasi pemancingan ini, pengunjung tak dikenakan dibiayai. Namun, apabila mendapat ikan maka perlu menghitung atau menimbangnya. Satu kilogram ikan hasil pemancingan dikenakan harga Rp55.000. Ikan yang tersedia adalah ikan nila, mas dan lele. Khusus ikan lele Rp30 ribu per kilogram.

“Memancing ini perlu waktu lama, saya saja sudah lima jam mancing baru dapat satu ekor ikan nila. Tapi karena hobi biar panas dan lama sangat menyenangkan sekali,” kata Yadi, salah Seorang pengunjung lokasi pemancingan Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, Minggu (24/12/2017).

Menurutnya, di Balikpapan ada beberapa lokasi pemancingan tapi di kelurahan Graha Indah adalah lokasi yang terdekat.

“Kalau tidak dapat ikan bisa pesan makanan juga dengan menu ikan yang ada di pemancingan. Kadang saya bawa keluarga untuk mancing sambil menikmati makanannya,” ucapnya sembari tersenyum menikmati suasana memancing.

Ashari Pemilik lokasi Pemancingan/Foto: Ferry Cahyanti

Debi (35) yang juga memancing di lokasi ini mengatakan memancing itu adalah hobi yang tak bisa dihindari.

“Terkadang saya mancing dilaut, tapi cari yang pasti jelas ada ikannya. Memancing ibarat memperoleh barang ditemukan yang lama hilang,” tandasnya.

Sementara itu, Pemilik Pemancingan Rama, Ashari mengatakan, pemancingan ini hadir sejak tahun 2010 dengan luas satu hektare.

“Pemancingan ini buka sejak saya pensiun dari guru pengawas tahun 2010, dari pada menanggur ya buka usaha dengan lahan yang tersedia. Ternyata pemancingan ini sangat diminati oleh pengunjung,” terangnya.

Saat hari biasa pengunjung yang datang bisa sekitar 5-10 orang pengunjung. Sedangkan akhir pekan bisa mencapai 20 orang lebih karena mereka datang membawa keluarga.

“Kalo akhir pekan saya bisa dapat Rp1-2 juta, sedangkan hari libur bisa Rp9-10 juta karena mereka bisa berkilo-kilo dapat ikannya,” ujarnya.

Lihat juga...