Satgas Banau Ternate Amankan Senjata Berat

TERNATE — Satgas Yonif Raider Khusus 732/Banau Ternate, Maluku Utara (Malut) mengamankan satu pucuk senjata mesin berat/heavy gun beserta 240 butir amunisi tajam kaliber 12,7 mm.

“Barang bukti itu saat ini diamankan di Kotis Batalyon,” kata Dansatgas Yonif RK 732/Banau Letkol Inf Raymond Sitanggang dalam siaran pers  di Ternate, Sabtu.

Dia mengatakan, senjata tersebut diserahkan oleh warga masyarakat di wilayah Halmahera Utara yang diantar langsung ke Pos 3 Dukono SSK I dan diterima oleh Danpos Sertu Kahar.

Penyerahan senjata itu merupakan hasil pendalaman yang panjang dan keberadaan Pos 3 Dukono yang memberikan rasa aman bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, terjalinnya hubungan baik antara aparat dan warga setempat sehingga mereka secara sukarela mau menyerahkan senjata api yang masih dikuasai ke Pos Satgas.

Letkol Raymond mengapresiasi langkah warga menyerahkan senjata SMB itu, karena hal tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan keberadaan pos yang memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Ia juga mengimbau warga masyarakat yang masih menguasai senjata api agar segera menyerahkan kepada personel Satgas maupun TNI terdekat di wilayah masing-masing.

Satgas Yonif Raider dalam beberapa bulan terakhir mengamankan sejumlah senjata rakitan dari masyarakat, terutama di daerah Morotai dan Halmahera Utara yang menjadi salah satu daerah rawan konflik horisontal.

Letkol Raymond berharap dukungan tokoh masyarakat dan tokoh adat di daerah itu untuk sama-sama menjaga stabilitas keamanan.[Ant]

Lihat juga...