Sejumlah Vila di Pantai Minangrua Mulai Terima Pesanan

LAMPUNG—Empat hari menjelang tahun baru 2018, sejumlah pemilik penginapan di objek wisata Pantai Minangrua, Desa Bakauheni, mulai mendapatkan pesanan kamar untuk menghabiskan malam tahun baru di pesisir pantai yang menghadap ke Selat Sunda tersebut.

Amirudin, salah satu pemilik vila, mengatakan, pada tahun sebelumnya, permintaan baru ada pada dua hari jelang pergantian malam tahun baru. Namun, saat ini mulai ada beberapa orang yang memesan melalui telepon.

Ia menyediakan satu unit vila berukuran sekitar 4 x 6 meter yang kerap dipergunakan untuk menginap wisatawan keluarga dengan lokasi yang berada dekat dengan pantai. Fasilitas yang disiapkan berupa kamar luas, kamar mandi dengan konsep rumah panggung terbuat dari kayu. Vila tersebut memiliki lokasi strategis yang memungkinkan pengunjung bisa memarkirkan kendaraan dalam jumlah banyak, sehingga bisa dipergunakan untuk acara keluarga.

“Rata-rata pengunjung merupakan wisatawan keluarga setiap akhir pekan dan menjelang tahun baru banyak wisatawan yang memanfaatkan malam pergantian tahun menginap di tepi pantai, bahkan disediakan tenda untuk berkemah di pasir,” terang Amirudin, saat ditemui Cendana News di vila miliknya, Rabu (27/12/2017).

Salah satu vila milik Amirudin yang sudah disiapkan oleh warga di Pantai Minang Rua Desa Bakauheni [Foto: Henk Widi]
Ia menawarkan penginapan miliknya dengan harga Rp300.000 selama satu hari untuk 8-10 orang satu keluarga dengan pemandangan ke arah pantai untuk menikmati matahari terbenam dan juga menikmati hasil tangkapan ikan milik nelayan di wilayah tersebut.

Vila menghadap pantai tersebut diakuinya juga memiliki privasi bagi pengunjung, sehingga  dapat dimanfaatkan untuk acara keluarga. Selain fasilitas penginapan ia juga menyediakan fasilitas makan dan minum dengan biaya tambahan sesuai kesepakatan.

Berbeda dengan vila milik Amirudin, Miang, pemilik vila di destinasi pantai Minang Rua mengaku dari sebanyak tiga kamar di vila miliknya sudah dipesan semua oleh wisatawan dengan harga per kamar Rp250.000. Per kamar bisa digunakan 5-7 orang untuk waktu selama satu hari. Harga sewa kamar tersebut merupakan kesepakatan dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Minangrua Bahari untuk pengelolaan wisata di tempat tersebut.

Penginapan milik Miang disebutnya berada di lantai dua dengan pemandangan ke arah pantai berpasir putih dan suasana matahari terbenam di balik kepulauan Krakatau yang kerap menjadi sensasi tersendiri untuk menginap di pantai Minangrua.

Tawaran menginap di vila milik Miang disebutnya dengan akan diselenggarakannya Nite Bright In Minangrua dengan acara penyalaan lampion, pesta kambang api, lomba layang-layang LED dengan hadiah jutaan rupiah.

“Banyak yang memesan di antaranya rombongan, sehingga beban sewa bisa ditanggung bersama dan mereka ingin mengikuti acara yang akan digelar di sini pada malam pergantian tahun,” terang Miang.

Pemilik vila Maliha, bernama Maliha, juga menyebut dengan konsep vila yang berornamen geribik batik, ia menawarkannya seharga Rp300.000. Satu penginapan sudah dipesan oleh pengunjung yang akan menikmati malam tahun baru di Pantai Minangrua.

Tingginya permintaan wisatawan yang akan menginap juga membuat warga lain menyiapkan rumah yang biasa dipergunakan untuk menginap di antaranya rumah warga di tepi pantai dilengkapi fasilitas kamar mandi, kamar tidur lesehan dan penyiapan konsumsi kuliner khas laut.

Maliha menyebu,t dengan konsep penginapan tradisional berada menghadap ke pantai permintaan yang tinggi akan penginapan membuatnya akan menambah bangunan vila yang ada di tempat tersebut. Kenyamanan dan privasi dengan sajian alam pantai kerap menjadi pilihan menikmati suasana pantai Minangrua saat akhir tahun sekaligus menikmati acara yang berbeda di pantai tersebut.

Ketua Pokdarwis Minang Rua Bahari, Ely Sakila, menyebut dalam waktu dekat akan dilakukan pelatihan pengelolaan homestay bagi pemilik penginapan dan rumah yang akan dipergunakan sebagai tempat penginapan bagi wisatawan. Pelatihan tersebut diharapkan akan meningkatkan pengelolaan penginapan yang ada di wilayah tersebut sehingga pengunjung akan merasa nyaman sekaligus bisa memberi penghasilan secara ekonomi bagi warga di sekitar tempat wisata pantai Minangrua.

Lihat juga...