Seminggu Jelang Natal, Harga Ayam Potong di Sikka Alami Kenaikan

MAUMERE –– Seminggu jelang Hari Raya Natal 25 Desember 2017 harga jual ayam potong di Pasar Alok Maumere mengalami kenaikan dari 15 ribu rupiah per kilogramnya menjadi 19 sampai 22 ribu rupiah per kilogramnya.

“Kalau hari biasa kami biasanya jual 45 sampai 50 ribu rupiah seekornya untuk ayam dengan berat 2 kilogram, seminggu ini terus mengalami kenaikan. Hingga kami menjualnya ke pembeli 60 sampai 65 ribu rupiah seekornya,” ujar Agustina Balundung Senin (18/12/2017).

Kepada Cendana News yang menemuinya di Pasar Alok yang merupakan pasar terbesar di Kabupaten Sikka, Agustina menyebutkan, ayam yang dijual pedagang di Pasar Alok diambil sendiri di peternak dengan menyewa mobil pick up sendiri.

“Biasanya kami sewa dari pedagang yang biasa mengantar dimana untuk satu ekor ayam kami membayar seribu rupiah. Saya biasanya sekali beli paling banyak 50 ekor ayam,” ungkapnya.

Meskipun mendekati Hari Raya Natal tutur Agustina, pembeli masih sepi dimana paling banyak sehari hanya bisa terjual 10 ekor saja. Biasanya tahun 2016 lalu sebelum Natal pihaknya bisa menjual minimal 50 ekor ayam sehari.

Lihat juga...