Sevilla Pecat Berizzo

MADRID – Sevilla memecat pelatih Eduardo Berizzo pada Jumat (22/12/2017). Pemecatan dilakukan menyusul serangkaian hasil buruk yang diperoleh klub di liga Spanyol.

Sebelumnya, pelatih asal Argentina itu meninggalkan klub selama seminggu untuk menjalani operasi terhadap kanker prostatnya. “Sevilla FC ingin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Berizzo untuk profesionalismenya, pekerjaan yang ia lakukan, dan perlakuannya terhadap semua anggota klub sejak kedatangannya,” kata Sevilla dalam pernyataan klub saat mengumumkan pemecatan.

Sevilla menyebut, sejumlah diskusi telah dimulai untuk menunjuk pelatih baru, yang diharapkan akan bergabung dengan klub setelah libur musim dingin. Informasi yang beredar, mantan pelatih Malaga dan Rubin Kazan Javi Garcia menjadi favorit untuk menggantikan Berizzo. Nama lain yang muncul adalah mantan pelatih Barcelona Luis Enrique.

Sevilla gagal meraih kemenangan dalam empat pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Terakhir kalah 1-3 di markas Real Sociedad pada Rabu (20/12/2017) dan tetap menghuni peringkat kelima di klasemen Liga Spanyol dengan 29 poin, tertinggal 13 poin dari pemuncak klasemen Barcelona.

Klub yang tahun lalu finish di peringkat keempat liga musim lalu tersebut, berada di peringkat kedua Grup E Liga Champions di bawah Liverpool, dan akan menghadapi Manchester United di 16 besar. Berita mengenai diagnosis kanker Berizzo muncul pada pagi hari setelah timnya menahan imbang Liverpool dengan skor 3-3 di fase grup Liga Champions pada 21 November lalu.

Berizzo menjalani operasi tujuh hari kemudian dan terpaksa absen pada empat pertandingan, termasuk saat timnya kalah 0-5 di markas Real Madrid. Berizzo mendapatkan sambutan hangat dari para penggemar di markas Sevilla Stadion Sanchez Pizjuan ketika ia kembali ke area teknik pada Jumat (15/12/2017) silam, ketika mereka bermain imbang 0-0 dengan tamunya Levante.

Bagaimanapun ia kemudian mendapat banyak kritik, menyusul kekalahan 1-3 di markas Real Sociedad. Pria 48 tahun itu mendapatkan banyak pertanyaan mengenai pemilihan timnya dan kegagalannya memaksimalkan keberadaan gelandang Steven Nzonzi, yang tidak pernah dimainkan lagi sejak hasil imbang dengan Liverpool.

Berizzo ditunjuk menjadi pelatih Sevilla pada Juni setelah Jorge Sampaoli meninggalkan klub untuk mengarsiteki Argentina. Sebelumnya Dia pernah melatih Celta Vigo selama tiga musim. (Ant)

Lihat juga...