SMAN 3 Balikpapan Ajarkan Kewirausahaan

Editor: Irvan Syafari

50
Siswa SMAN3 Balikpapan sedang memanen jerih payahnya/Foto; Ferry Cahyanti.

BALIKPAPAN — Meski sekolah umum, Sekolah Menengah Atas – SMAN 3 Balikpapan memberikan pembelajaran mengenai kewirausahaan kepada siswa didiknya. Hal itu agar siswa memiliki pengetahuan kewirausahaan setelah nantinya lulus dari sekolah.

Kepala Sekolah SMAN 3 Balikpapan, Daliya mengungkapkan meski sekolahnya adalah sekolah umum dan mata pelajaran yang diajarkan adalah umum seperti sekolah lainnya, dalam mata pelajaran ketrampilan sekolah meluangkan kesempatan untuk belajar wirausaha.

“Minimal belajar kewirausahaan sedikit, dan dari pelajaran itu siswa akan memiliki dasar dalam beriwirausaha apabila nantinya tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Pembelajaran kewirausahaan penting bagi kami, meskipun sekolah umum,” terangnya saat ditemui Kamis, (7/12/2017).

Pembelajaran kewirausahaan itu melalui pelajaran ketrampilan dimana siswa dapat memilih ketrampilan apa sesuai keinginan siswa. Dalam ketrampilan ada bidang tata boga kemudian disisipkan sedikit materi kewirausahaan.

“Wirausaha mata pelajaran ketrampilan jadi untuk pilihannya tata boga didalamnya bagaimana berwirausaha dari hasil panen tanaman yang ada di sekolah,” ucapnya.

Daliya menjelaskan selama sekolah memanfaatkan lahan kritis atau lahan sekitar yang tidak digunakan untuk bangunan dimanfaatkan menanam sayuran ataupun buah yang menghasilkan.

“Selama kita menanam cabai dan dua tahun terakhir kita sudah panen. Tahun 2016 kemarin kita panen 300-an kilogram cabai, kemudian dijual ke orang tua, guru, kanton dan koperasi. Pembelajaran kewirausahaan ada meskipun sekolah umum,” pungkasnya.

Setelah dua tahun panen cabai, kemudian tahun ini sekolah bersama siswa mencoba menanam pisang kepok atau sanggar. Namun menurut dia tahun ini cabai belum panen.

“Yang panen adalah pisang yang biasa digunakan untuk pisang goreng atau kalau orang Balikpapan menyebutnya sanggar. Lumayan ada banyak nanti hasilnya sama untuk orang tua siswa, guru, kantin sekolah dalan lainnya,” gebunya.

Daliya berharap dengan pembelajaran kewirausahaan melalui pelajaran ketrampilan dapat bermanfaat untuk siswa didiknya setelah nantinya lulus dari sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Balikpapan Daliya/Foto: Ferry Cahyanti.

Komentar