Stadion Batakan Balikpapan Disiapkan Untuk Pelatnas

SAMARINDA – Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Timur, disiapkan oleh PSSI sebagai tempat pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Pelatnas yang digelar untuk menghadapi berbagai kejuaraan internasional.

Komite Ekseutif PSSI Yunus Nusi di Samarinda mengatakan, untuk menjadi tempat pelatnas, stadion megah yang pembangunannnya menelan biaya sekitar Rp1,3 Triliun itu masih harus melengkapi sejumlah infrastruktur penunjang. Diantaranya adalah mess atlet dan juga lapangan kecil di sekitar stadion untuk tempat pemanasan.

“Saya sudah berkomunikasi terkait hal ini dengan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan alhamdullilah beliau memberikan respon positif, karena kami dari PSSI juga tengah mengupayakan pendanaan lain di luar APBD,” jelas Yunus, Sabtu (23/12/2017).

Menurutnya, keberadaan infrastruktur penunjang di Stadion Batakan sangat dibutuhkan. Infrastruktur penunjang tersebut tidak hanya dibutuhkan untuk pelatnas saja. Stadion berkapasitas 46 ribu penonton tersebut rencananya juga akan dimanfaatkan untuk menggelar pertandingan-pertandingan Internasional.

“Sebagai anggota Komite Eksekutif PSSI dan orang Kaltim, tentu saya harus memperjuangkan agar fasilias olahaga megah di Kaltim ini bisa bermanfaat, bukan hanya di daerah tapi untuk nasional,” tambah Yunus.

Diharapkannya, rencana PSSI tersebut segera disambut Pemerintah Kota Balikpapan maupun Pemprov Kaltim, sehingga berbagai kekurangan infrastruktur bisa segera diwujudkan. “Kalau infrastruktur itu bisa selesai pada 2018, maka kita berharap tahun berikutnya kita bisa melihat kiprah tim Merah Putih berlatih di Kaltim,” jelasnya.

Stadion Batakan yang berlokasi kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dibangun pemkot untuk markas bagi Persina Balikpapan. Tim berjuluk Beruang Madu tersebut selama ini menggunakan Stadion Parikesit, milik Pertamina.

Stadion yang mirip Emirates Stadium di London ini pertama kali dibangun pada 10 Juni 2010 silam dan baru digunakan oleh Persiba Balikpapan memasuki putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2017 lalu. (Ant)

Lihat juga...