Sumsel Kandas di Perempat Final Piala Pertiwi

PALEMBANG – Tim sepak bola putri Sumatera Selatan (Sumsel) kandas di perempat final Piala Pertiwi. Tuan rumah dikalahkan Kalimantan Barat (Kalbar)dengan skor tipis 0-1 di Stadion Bumi, Palembang, Sabtu (9/12/2017).

Gol tunggal Kalimantan Barat diciptakan Susi Susanti pada menit 22. Atas hasil ini, Kalbar melaju ke semifinal dan akan berhadapan dengan pemenang dari Jawa Barat dengan Yogyakarta.

Pelatih Kalbar Sofie Iman Faizal mengatakan kemenangan ini berkat tim telah membaca permainan Sumsel dari dua laga sebelumnya. “Kami melihat, Sumsel hanya mengandalkan seorang pemain. Jadi saya perintahkan ke anak-anak untuk menerapkan zona marking dan berhasil,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Indonesia (Asprov PSSI) Sumatera Selatan Musni Wijaya mengatakan, perjuangan tim Sumsel yang diwakili Persimura sudah luar biasa. “Mereka hanya melakukan persiapan dua pekan, tapi sudah bisa mengimbangi permainan Kalbar. Tentunya ini sudah luar biasa. Ke depan harus dipersiapkan lebih matang lagi,” kata Musni menanggapi kekalahan tuan rumah.

Asprov PSSI Sumsel disebut Musni sangat berharap Pemerintah Kabupaten Musi Rawas bersedia membina secara berkelanjutan tim sepakbila Persimura agar dapat berprestasi di tingkat nasional. “Harapan kami, di Musi Rawas ada pusat pelatihan sepak bola wanita,” kata dia.

Piala Pertiwi kembali digelar untuk test event Asian Games 2018 di Palembang. Turnamen digelar 3-13 Desember 2017 dengan peserta 12 Provinsi yakni Kalbar, Jambi, Jabar, Sumsel, DI Yogyakarta, Bengkulu, Papua, Bali, Banten, Babel, Jawa Tengah dan Sulsel. (Baca : https://www.cendananews.com/2017/12/12-provinsi-ikuti-piala-pertiwi-di-sumsel.html)

Penyelenggara membagi tim dalam beberapa grup yakni Grup A terdiri atas Kalimantan, Jambi dan Jawa Barat. Kemudian Grup B terdiri atas Sumsel, Sulsel dan Yogyakarta, Grup C terdiri atas Bengkulu, Papua dan Bali, lalu Grup D dihuni Banten, Babel dan Jawa Tengah. (Ant)

Lihat juga...