Susah Sinyal, Rekonstruksi Hubungan Orang Tua dengan Anak

JAKARTA – Apa yang sebenarnya dimaui, diingini dan disenangi anak zaman sekarang?

Mereka tampaknya ingin bebas berekspresi yang kesehariannya tak lepas gadget di tangan. Dunia seperti hanya milik mereka saja. Meski kreatif, tapi tak kontemplatif. Semuanya ingin serba wah. Media sosial menjadi tempat curhat.

Orang tua, apalagi yang single parent, tampak begitu susah menyelami anak zaman sekarang yang kerap diistilahkan zaman now. Dari sini terjadi kerenggangan hubungan antara orangtua dengan anak. Diperlukan rekonstruksi atau merefresh kembali hubungan orang tua dan anak dengan liburan bersama. Demikian yang mengemuka dari film ‘Susah Sinyal’

Kisahnya tentang Ellen (Adinia Wirasti), seorang pengacara sukses dan single mom, yang jarang bisa meluangkan waktu bagi anak tunggalnya Kiara (Aurora Ribero). Kiara, anak jaman now yang tumbuh sebagai remaja pemberontak lebih banyak melampiaskan emosi di media sosial.

Salah satu adegan dalam film Susah Sinyal. (Foto: Istimewa/PH Starvision)

Tumbuh besar tanpa ayah dan diperparah ditinggal Ellen, ibunya, yang begitu sangat sibuk bekerja, Kiara cenderung lebih dekat dengan neneknya, Agatha (yang diperankan begitu menawan oleh aktris senior Niniek L Karim) yang sangat menyayangi Kiara.

Ketika Agatha meninggal karena terkena serangan jantung, Kiara yang sejak kecil sangat dekat dengan neneknya, jadi terguncang. Kiara kehilangan pegangan sekaligus sosok idaman dalam keluarga. Kiara lebih memilih menyandarkan kesedihan di bahu pembantu dibanding dengan ibunya, betapa sang ibu begitu sangat kecewa.

Terlebih lagi, beberapa hari kemudian Kiara mogok makan dan Ellen tak bisa membujuknya makan dengan dalih kesehatan. Hubungan ibu dan anak itu pun semakin lebih renggang.

Ellen berkonsultasi pada seorang psikolog dan psikolog menganjurkan Ellen untuk mengajak Kiara berlibur. Demi mengambil hati Kiara, Ellen membebaskan Kiara untuk menentukan tempat berliburnya. Kiara yang melihat Andien, penyanyi idolanya begitu enjoy berlibur ke Sumba membuat dirinya memutuskan untuk berlibur ke Sumba.

Ellen yang terlalu disibukkan dengan kerja di pengadilan tak tahu Sumba. Bertanya pada rekan kerjanya yang sama sibuknya jadi diplesetkan sebagai Sunda. Adapun pada orang yang magang di kantor baru yang rajin berselancar di internet, akhirya tahu begitu dapat informasi dari “Paman Google” alias mendapatkan informasi di dunia internet. Ellen akhirnya setuju pilihan Kiara untuk berlibur ke Sumba.

Ellen dan Kiara pergi berlibur ke Sumba, tempat terpencil yang ternyata susah sinyal sehingga ibu dan anak kesusahan dalam berkomunikasi maupun berselancar di internet.Tapi itu menjadi satu-satunya harapan untuk memperbaiki hubungan ibu dan anak perempuan yang nyaris retak.

Lihat juga...