Tahu Isi Pedas Crispy, Camilan Gurih yang Menyehatkan

LAMPUNG — Tahu menjadi salah satu jenis bahan makanan yang kerap diolah sebagai lauk untuk ditumis bersama sayuran lain. Selain itu juga dapat digoreng sebagai camilan dengan variasi tahu isi sayuran dikenal dengan tahu bunting.

Imah (50) salah satu pedagang kuliner di Jalan Lintas Timur Sumatera menyebutkan, tahu kerap dikreasikan menjadi berbagai macam kuliner, seperti yang ia lakukan, membuat varian tahu isi dengan rasa pedas bercampur sayuran berselimut tepung renyah yang crispy.

Aneka ragam rasa yang berbeda dari varian olahan tahu tersebut untuk memenuhi nilai gizi dari tahu sumber protein serta beragam sayuran sekaligus rasa pedas.

“Di dalam tahu isi memang menjadi cara menikmati sayuran bagi orang yang tidak menyukainya, sehingga rasanya tetap enak dan menyehatkan bagi yang menikmatinya,“ terang Imah saat ditemui Cendana News tengah menggoreng tahu isi pedas yang selesai diracik, Sabtu (23/12/2017)

Imah salah satu penjual kuliner menyiapkan sayuran sebagai isian tahu isi pedas yang akan disajikan untuk pelanggan [Foto: Henk Widi]
Tambahan nilai gizi dari tahu isi pedas buatannya berasal dari bahan bahan yang di antaranya daging ayam cincang, seledri diiris, tauge, wortel yang diserut, kol diiris kecil kecil, bawang daun. Semua bahan tersebut terlebih dahulu dahulu diberi beragam campuran bumbu yang dihaluskan di antaranya cabe merah dicincang, garam halus, bawang bombay, bawang merah, penyedap rasa dan merica.

Setelah semua bahan disiapkan proses pembuatan lapisan tahu isi di antaranya tepung tapioka, tepung terigu, tepung beras, daun bawang yang diiris halus, garam dan ketumbar. Seluruh bahan dimasukkan dalam wadah khusus untuk dibuat menjadi adonan hingga merata.

“Saya siapkan tahu pong atau tahu yang di dalamnya kosong lalu disobek di bagian sisi pipihnya menggunakan pisau untuk diisi dengan bahan isian berupa sayuran pedas selanjutnya dicelupkan dalam adonan lapisan tahu,” terang Imah.

Setelah tahu isi dipenuhi dengan sayuran dan minyak goreng dalam wajan panas disiapkan proses penggorengan dilakukan hingga tahu isi terlihat berwarna kecoklatan matang dan kesan crispy terlihat dari kulit lapisan tahu. Setelah diangkat dan ditiriskan sajian tahu isi pedas siap disuguhkan di atas piring.

Sumini, salah satu pelanggan tahu isi pedas mengaku menyukai camilan tersebut karena ia tak harus mencari cabai rawit untuk dimakan bersama dengan menu lain diantaranya soto ayam dan nasi hangat yang disantap dalam kondisi santai.

Tahu isi pedas crispy berbeda dengan tahu isi umumnya karena isian hanya berisi tauge dan mie tanpa rasa dan dimakan menggunakan cabai untuk sensasi rasa pedasnya.

“Sensasi rasa sayuran pedas akan terasa ketika disajikan dalam kondisi hangat dan dinikmati bersama dengan es kelapa muda sebagai camilan atau sebagai teman makan nasi,” terang Sumini.

Lihat juga...