Tekuk Bologna 3-0, Juventus Tempel Ketat Napoli

BOLOGNA – Kekalahan 1-3 dari Udinese tidak saja membuat Inter Milan tergusur dari puncak klasemen sementara Serie A. Kini Nerazzurri bahkan harus rela melorot ke posisi tiga usai digeser Juventus. La Vechia Signora naik ke posisi dua setelah mengempaskan Bologna 3-0.

Tiga gol Juventus dipersembahkan Miralem Pjanic dari sebuah eksekusi bola mati, kemudian Mario Mandzukic dan Blaise Matuidi yang mencetak gol pertamanya di Serie A.

Bertandang ke Stadio Renato Dell’Ara, Bianconeri tidak diperkuat sejumlah pemain. Gianluigi Buffon, Giorgio Cellini, Stephan Lichtsteiner, Benedikt Howedes dan Juan Cuadrado absen. Sedangkan Paul Dyball tidak diturunkan menyusul performanya yang buruk.

Sedangkan tuan rumah Bologna, tidak diperkuat Rodrigo Palacio dan Federico De Francesco. Bologna kembali menurunkan pemain belia Orji Okwonkwo, dan Andrea Poli juga bermain setelah menjalani masa hukuman.

Dilihat dari statistik pertemuan kedua tim tidak berimbang. Di mana, tuan rumah Bologna hanya bisa meraih dua kemenangan dari 38 pertemuan dengan Juventus. Hal ini berlanjut pada laga tadi malam. Mario Mandzukic memiliki peluang mencetak gol cepat dari titik putih, namun setelah memeriksa rekaman video, Ibrahima Mbaye tidak melakukan handsball.

Miralem Pjanic membuka keunggulan tim tamu menit 29. Eksekusi bola mati dari luar kotak penalti mengejutkan Antonio Mirante. Pemain asal Bosnia ini kemudian terlibat kembali dalam terciptanya gol kedua Juventus.

Umpan silang Pjanic gagal dibaca Mbaye, Mandzukic kemudian mengontrol bola dan melepas ke arah gawang pada menit 36. Mirante pun dipaksa kembali memungut bola dari gawangnya sendiri. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, Juventus kembali menunjukkan kualitasnya. Filip Helander melakukan tindakan ceroboh saat mencoba menghentikan Gonzalo Higuain yang mencoba mengamankan umpan silang Alex Sandro. Tapi, clearance yang buruk memberi peluang Matuidi mencetak gol pertamanya di Serie A. Matuisi memanfaatkan bola dengan melepas tembakan setengah voli ke arah gawang menit 64.

Setelah itu, beberapa peluang kembali diciptakan Juventus melalui Gonzalo Higuain maupun Mandzukic. Sayang, hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada lagi gol yang berhasil diciptakan. Juve kini menguntit Napoli di puncak klasemen dengan selisih satu poin. (dari berbagai sumber)

Lihat juga...