Tekuk Monaco 5-2, FC Porto ke Babak 16 Besar Liga Champions

56
Ilustrasi /Foto: Dok CDN.

PORTO –– FC Porto akhirnya memegang tiket Babak 16 Besar usai mengakhiri kiprah semifinalis musim lalu, AS Monaco. Pada laga yang digelar di Estadio do Dragao, Porto memecundangi jawara Ligue 1 dengan skor 5-2.

Dengan tambahan tiga angka, Porto mengunci posisi dua klasemen Grup G dengan koleksi 10 poin. Sementara Monaco harus puas mengakhiri kiprah di Liga Champions musim ini dengan menghuni posisi dasar klasemen.

Monaco sendiri tidak dapat berbuat banyak. Keputusan melepas Kylian Mbappe dan Bernardo Silva musim panas lalu, membawa dampak serius. Monaco kebobolan 16 goal di fase grup. Dan tadi malam, Monaco menjadi bulan-bulanan FC Porto.

Tuan rumah hanya butuh waktu kurang dari 10 menit untuk membuka keunggulan. Vincent Aboubakar mengirim bola rendah ke gawang Monaco setelah menerima umpan dari Yacine Brahimi. Aboubakar nyaris menggandakan keunggulan tak lama setelahnya. Namun tendangannya masih melambung.

Pada menit 33, Aboubakar akhirnya berhassil menggandakan keunggulan tuan rumah. Adalah Pereira yang mengirim bola pada Aboubakar yang berada di zona bahaya. Tanpa ragu ia mengirim tembakan rendah ke arah gawang.

Namun, laga sempat diwarnai kontroversi pada menit 39, di mana kedua tim harus bermain dengan 10 orang. Kontak fisik antara Rachid Ghezzal dan Felipe membuat keduanya mendapat kartu merah dari wasit Jonas Eriksson.

Tertinggal dua gol, Monaco mencoba bangkit. Rony Lopes merangsek ke depan membuka peluang mencetak gol. namun upayanya masih bisa digagalkan Jose Sa. Sial bagi Monaco, Yacine Brahimi justru menjauhkan keunggulan tuan rumah jelang turun minum.

Usai turun minum, Monaco akhirnya memiliki kesempatan mencetak gol menit 61. Kamil Gilk mencetak gol dari titik putih setelah Ivan Marcano melakukan handsball. Radamel Falcao nyaris menambah gol Monaco. Sayang sundulan kepalanya belum cukup memberi ancaman.

Menit 65, Porto kembali menjauh setelah Alex Telles mencetak gol keempat tuan rumah. Sepakannya ke pojok bawah gawang Monaco gagal diantisipasi dengan baik. Radamel Falcao akhirnya mencetak gol kedua Monaco menit 78 sebelum dibalas Tiquinho menit 88.

Pada laga lain di Grup G, Leipzig dipaksa mengakui keunggulan Besiktas dengan skor akhir 1-2. Alvaro Negredo membuat Besiktas leading pada menit 10 melalui titik putih. Menit 82, Leipzig kehilangan Stefan Ilsanker yang diusir wasit usai mendaapat kartu kuning kedua.

Meski begitu, Naby Keita membuat tuan rumah bisa menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit 87. Hasil imbang yang sudah di depan mata buyar menyusul gol kedua Besiktas yang dicetak Anderson Talisca menit 90.

Komentar