Tiket KA Jakarta Tujuan Solo dan Yogyakarta Habis Terjual

JAKARTA — Jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, ketersediaan tiket perjalanan Kereta Api (KA) dari Jakarta ke berbagai tujuan di Pulau Jawa dipastikan hampir ludes terjual. Bahkan tiket keberangkatan dari Jakarta dengan tujuan Solo dan Yogyakarta per tanggal 22 hingga 30 Desember 2017 sudah terjual 100 persen.

“Yang masih tersisa dengan tujuan Semarang, Tegal atau Surabaya, namun tinggal sedikit, sekitar tiga hingga lima persen saja,” sebut Edy Kuswoyo, Senior Manager (SM) Humas PT. KAI DAOP 1 Jakarta saat ditemui Cendana News di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/12/2017).

Edy Kusworo, Senior Manager Humas PT. KAI DAOP 1 Jakarta/Foto: Eko Sulestyono

Edy Kuswoyo menyebutkan, volume penumpang angkutan KA yang berangkat dari dua stasiun besar di wilayah Ibukota Jakarta, yaitu Gambir dan Pasar Senen sudah terjadi peningkatan sejak hari ini. Hal tersebut dipredikisi akan terus terjadi hingga nanti malam.

Berdasarkan pantauan Cendana News langsung dari Stasiun Jakarta Pasar Senen, hingga saat ini sejumlah rangkaian KA dengan berbagai tujuan telah diberangkatkan sesuai dengan tujuan masing-masing. Hampir semua tempat duduk penumpang telah terisi penuh.

Sebagian besar penumpang KA yang sempat ditemui mengaku mereka telah membeli tiket jauh-jauh hari. Hal tersebut karena sebelumnya PT. KAI memang memberikan kesempatan kepada calon penumpang dapat membeli tiket secara online minimal H-90 atau 90 hari sebelumnya.

Ardianto, salah seorang penumpang KA menyebutkan, ia memesan tiket KA tujuan Solo beberapa bulan sebelumnya.

“Kalau pesannya mendadak, pasti tidak kebagian tiket, biasanya akhir Desember penumpang KA pasti membludak karena liburan Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

Lihat juga...