Timnas Indonesia Ladeni Islandia di Maguwoharjo?

SLEMAN –– Masyarakat Yogyakarta beruntung karena memiliki stadion berkualitas seperti Stadion Maguwoharjo. Berkat Stadion Maguwoharjo warga Yogyakarta bisa lebih sering menyaksikan laga Tim Nasional secara langsung. Awal tahun depan, masyarakat kembali bisa menyaksikan timnas bermain di Sleman.

Stadion Maguwoharjo, Sleman menjadi kandidat kuat sebagai venue laga persahabatan Timnas Indonesia kontra Islandia. Duel kontra salah satu peserta Piala Dunia 2018 itu direncanakan digelar pada 11 Januari tahun depan.

“Memang ada beberapa alternatif stadion yang bisa digunakan, namun prioritasnya masih tetap Maguwo,” imbuh Wakil Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI, DIY Dwi Irianto, Jumat (15/12/2017).

Pria yang akrab disapa Mbah Putih menjelaskan, Maguwoharjo menjadi pilihan sebagai venue laga persahabatan yang akan masuk dalam agenda FIFA itu merupakan petunjuk dari PSSI.

Federasi Sepak Bola Indonesia itu berasalan karena stadion yang juga markas dari klub Liga 2, PSS Sleman terbiasa menggelar pertandingan berskala internasional.

Timnas Indonesia dari berbagai level juga sering menjadikan Stadion Maguwoharjo sebagai tempat menjamu lawan-lawannya pada laga uji coba.

“Sepertinya PSSI ingin mencari suasana baru juga dan mengganggap Maguwoharjo masih layak menggelar pertandingan internasional. Fasilitas pendukung dan animo masyarakat juga sangat mendukung,” jelas anggota Komisi Disiplin (Komdis) PSSI ini.

Meski begitu, Mbah Putih mengaku belum menerima surat pemberitahuan secara resmi dari PSSI terkait penunjukkan Stadion Maguwoharjo sebagai venue pertandingan persahabatan tersebut.

“Baru lisan, surat belum, promotornya kan belum tahu kondisi di Yogya seperti apa. Teknis main malam atau kapan belum sampai kesana,” terangnya.

Sebagai bentuk keseriusan, lanjut Mbah Putih, pihak dari promotor yang mendatangkan Timnas Islandia udah melihat langsung kondisi stadion. Pihak promotor yang mengaku bernama Caesar tersebut memotret setiap stadion berkapasitas sekitar 45 ribu penonton tersebut. Setiap ruangan juga diceknya.

“Ini juga masih mengecek saja. Termasuk fasilitas pendukung di sekitar seperti hotel berbintang. Senin (18/12/2017) akan ada supervisi. Mudah-mudahan segera ada kepastian,” tambahnya.

Lihat juga...