Tingkatkan Kunjungan ke Pantai Manggar, Balikpapan Terus Benahi Fasilitas

BALIKPAPAN — Pantai Manggar Segara Sari yang menjadi obyek wisata andalan Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur terus mendapatkan pembenahan dan penambahan fasilitas. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan setiap tahunnya.

Tahun ini saja, dilakukan penambahan gazebo hingga perbaikan fasilitas toilet. Tidak hanya itu, di penghujung tahun arena Loop sebagai wadah berkreasi dan kreativitas untuk generasi muda juga akan dibangun.

“Kita terus lakukan penambahan fasilitas dan pembenahan, agar pantai Manggar ini terus dikunjungi. Penambahan fasilitas kami tidak hanya mengandalkan APBD, tapi juga bekerjasama dengan pihak swasta melalui CSR mereka,” ungkap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Oemy Fasesly, Minggu (10/12/2017).

Disebutkannya, tahun ini saja pemasukan rettribusi di pantai Manggar mencapai Rp1,9 miliar. “Itu data hingga November 2017, belum nanti hingga akhir tahun 2017. Kita sudah melebihi target tahun ini. Karena itu kami terus tambah fasilitas,” terangnya.

Lanjut Oemy, 2018 nanti telah disiapkan pembangunan bertahap beberapa prasarana seperti pujasera, pemasangan paving blok, penahan abrasi, sekaligus pemagaran sejumlah lokasi untuk menutup jalan tikus pengunjung yang tidak membayar karcis.

“Kalau tidak salah anggarannya Rp5 miliar tahun 2018. Perbaikan jalan seperti pengaspalan juga sudah direncanakan tahun 2018 sinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Oemy Fasesly/Foto: Ferry Cahyanti

Pihaknya juga sangat mengapresiasi kepada pihak swasta yang berkontribusi dalam penambahan fasilitas di pantai Manggar.

“Seperti arena Loop yang dapat digunakan untuk anak muda sebagai tempat mengekspresikan kreativitasnya. Ada olahraga basket, skateboard dan lainnya yang dibangun oleh perusahaan operator seluler. Mari kita jaga bersama dan rawat agar arena ini dapat bermanfaat untuk waktu yang lama,” imbuhnya.

Vice President Sales and Marketing Area Pamasuka Telkomsel, Herry Setiawan mengungkapkan sangat bahagia dapat mewadahi berbagai hobi dan kreativitas anak muda di Indonesia.

“Arena Loop ini menandakan fasilitas infrastruktur yang pembangunannya disesuaikan dengan kebutuhan anak muda di tiap-tiap kota. Harapannya arena loop dapat menjadi tempat berkreasi bagi generasi muda di kota Balikpapan,” tukasnya.

Lihat juga...