Tingkatkan Layanan, DLH Malang Hadirkan Road Sweeper

MALANG  – Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hal kebersihan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Malang, hari ini meluncurkan Road Sweeper atau biasa disebut kendaraan penyapu jalanan.

Kepala DLH kota Malang, Agoes Edi Poetranto, menjelaskan pengadaan Road Sweeper dimaksudkan untuk membenahi dan memperbaharui sarana dan prasarana guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pengangkutan sampah bahkan sampai pada pengelolaan sampah.

“Sekarang sudah saatnya bagi kita untuk memodernisasi sarana yang kita miliki untuk mempercepat pelayanan pembuangan atau pengambilan sampah sehingga tidak langsung sepenuhnya sampah terbuang ke TPA,” jelasnya kepada Cendana News, saat peluncuran Road Sweeper di halaman Balai Kota Malang, Jumat (22 /12/2017).

Kepala DLH Malang, Agoes Edi Poetranto. Foto: Agus Nurchaliq

Menurutnya, operasional Road Sweepee tersebut hanya akan digunakan di jalan protokol dan jalan utama sehingga tidak mengurangi tugas dari pasukan kuning.

“Nanti road sweeper akan membersihkan sampah yang berada di tengah jalan, sedangkan pasukan kuning membersihkan sampah yang berada di pinggiran jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut Agoes mengatakan, ke depan pihaknya akan menambah lagi dua unit road sweeper sehingga nanti totalnya ada tiga unit road sweeper.

Sementara itu Agoes menyampaikan, selain Road Sweeper pihaknya juga melakukan pengadaan dump truck otomatis.

Kalau dulu dump truck ditutup menggunakan terpal, dump truck otomatis ini tidak perlu lagi ditutup terpal karena sudah ada penutupnya dan langsung ada alat pengepresnya.

“Nanti semua dump truck yang biasanya ditutup dengan terpal akan kita ganti dengan dump truck otomatis,” ucapnya.

Ke depan pihaknya juga akan meluncurkan mobil toilet yang lebih modern.

Dump truck otomatis. Foto: Agus Nurchaliq
Lihat juga...