Titiek Soeharto Dorong Tiap Keluarga di DIY Menanam Pohon Nangka

YOGYAKARTA — Anggota Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Hariyadi SE, Titiek Soeharto, mendorong agar setiap keluarga di Yogyakarta dapat menanam pohon nangka di halaman rumah masing-masing. Hal itu dilakukan guna mencukupi tingginya permintaan kebutuhan nangka muda atau gori di wilayah Yogyakarta.

Pasalnya ia mengaku prihatin, hingga saat ini Yogyakarta yang dikenal sebagai pusat kuliner gudeg masih belum mampu mencukupi kebutuhan bahan baku utama pembuatan gudeg, berupa nangka muda atau gori. Selama ini pelaku usaha gudeg di Yogyakarta diketahui masih harus mencukupi kebutuhan bahan baku utama gudeg dari luar daerah.

“Yogyakarta ini kan pusatnya kuliner gudeg. Produksi gudeg luar biasa. Tapi sampai saat ini masih harus mendatangkan nangka muda dari luar daerah sepeti Jawa Tengah atau Jawa Timur. Mestinya harus bisa mencukupi sendiri,” kata Titiek Soeharto, saat mengunjungi KTW Agropolitan Mekar Hijau, di Dusun Guyangan, Nogotirto, Godean, Sleman, Yogyakarta, Rabu (27/12/2017).

Anggota Komisi IV DPR RI Titiek Soeharto menyerahkan bibit pohon nangka pada KTW Agropolitan Mekar Hijau, di Dusun Guyangan, Nogotirto, Godean, Sleman, Yogyakarta, Rabu (27/12)-Foto; Jatmika H Kusmargana.

Sebagai upaya mendorong pemenuhan kebutuhan nangka muda di Yogyakarta, Titiek Soeharto pun mendorong agar setiap masyarakat di DIY dapat menanam pohon nangka di halaman rumah masing masing.

Dalam kesempatan itu ia pun memberikan bantuan ribuan bibit pohon nangka sebagai bentuk langkah konkrit mewujudkan pemenuhan kebutuhan nangka muda sebagai bahan baku utama kuliner gudeg.

Titik Soeharto secara simbolis juga melakukan penanaman bibit pohon nangka atau gori sebagai bentuk dorongan pada warga agar mau melakukan hal yang sama.

“Sekecil apapun lahan yang ada, tapi kalau setiap rumah ada pohon gori, maka akan bisa memenuhi kebutuhan bahan baku gudeg di Yogyakarta. Jadi tidak perlu lagi mendatangkan dari luar daerah,” katanya.

Dalam kunjungan kerjanya di KWT Agropolitan Mekar Hijau, itu sendiri, Anggota Komisi IV DPR RI itu berkesempatan meninjau kebun demplot milik ibu-ibu KWT setempat. Titiek Soeharto juga berkesempatan melakukan dialog dengan para anggota KWT terkait kendala dan solusi persoalan yang dihadapi.

Titiek Soeharto mengapresiasi apa yang telah dilakukan KWT Agropolitan Mekar Hijau yang telah berhasil memanfaatkan lahan pekarangan di kampungnya, untuk menanam berbagai macam jenis sayuran atau toga. Hingga dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, dan tidak tergantung pada fluktuasi harga sayur-mayur di pasaran.

Anggota Komisi IV DPR RI Titiek Soeharto melakukan penanaman bibit pohon nangka pada KTW Agropolitan Mekar Hijau, di Dusun Guyangan, Nogotirto, Godean, Sleman, Yogyakarta, Rabu (27/12)-Foto; Jatmika H Kusmargana.
Lihat juga...