Tjahjo Kumolo: Pemerintah Jamin Kebebasan Umat Beragama dalam Beribadah

JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya usai melakukan peninjuan pengamanan di sejumlah gereja di Jakarta dalam rangka Natal 2017 memastikan bahwa Negara atau Pemerintah menjamin kebebasan seluruh umat beragama dalam beribadah.

“Umat beragama diberikan kebebasan dalam melaksanakan ibadah sehari-hari maupun ibadah dalam rangka memperingati hari-hari besar keagaamaan, salah satunya saat Natal seperti ini,” sebutnya saat jumpa pers setelah sebelumnya sempat mengunjungi sejumlah gereja-gereja di Jakarta, salah satunya di Gereja Katedral Jakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Menurut Tjahjo Kumolo, kebebasan dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya mutlak harus dijamin oleh Negara atau Pemerintah.

“Negara dalam hal ini Pemerintah hadir untuk memastikan dan menjamin bahwa setiap umat beragama apapun itu agamanya yang ada di Republik Indonesia mempunyai hak dan kedudukan yang sama dalam melaksanakan ibadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing, sehingga mereka bisa beribadah dengan tenang dan aman” jelasnya di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Tjahjo Kumolo menambahkan bahwa Pemerintah bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) berserta seluruh instansi terkait lainnya telah berupaya sekuat tenaga dan semaksimal mungkin dalam melakukan pengamanan agar pelaksanaan ibadah seperti Natal di seluruh wilayah Indonesia berlangsung aman dan lancar.

“Dalam kesempatan ini tak lupa saya sampaikan pesan dari Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla, beliau tadi juga memberikan ucapan Selamat Natal 2017, khususnya bagi yang merayakannya, semoga kiranya juga dapat memberikan kebahagiaan bagi seluruh rakyat Indonesia pada umumya, selamat Natal 2017 semoga berbahagia, damai di hati dan damai di dunia” pungkas Tjahjo Kumolo.

Berdasarkan pantauan Cendana News langsung dari Gereja Katedral Jakarta, dalam kunjungannya je sejumlah gereja di Jakarta, Mendagri Tjahjo Kumolo didampingi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian; Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto; Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jendral (Irjen) Polisi Idham Aziz; Panglima Daerah Militer (Pangdam) Jaya Mayor Jendral (Mayjen) TNI Jaswandi.

Lihat juga...