Tomohon Fokus 4 Bidang Tanggulangi Kemiskinan 

53

MANADO – Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara, memfokuskan pada empat bidang prioritas dalam penanggulangan kemiskinan di daerah berpenduduk lebih dari 100.000 jiwa itu.

“Bidang prioritas tersebut mencakup pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pengembangan perekonomian,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ronni Lumowa, di Tomohon, Rabu (6/12/2017).

Keempat bidang prioritas tersebut, lanjut dia, bersentuhan langsung dengan kebutuhan utama masyarakat yang bila diabaikan akan menyebabkan munculnya angka kemiskinan.

“Mudah-mudahan dengan program dan kegiatan yang ditunjang dengan penganggaran, akan memaksimalkan bidang prioritas ini, dan harapannya bisa berdampak langsung terhadap pengurangan angka kemiskinan,” katanya.

Ia berharap, instansi terkait membangun komunikasi agar secara bersama-sama membicarakan pelaksanaan berbagai program pembangunan yang bersentuhan langsung dengan penanggulangan kemiskinan.

Penanggulangan kemiskinan, kata dia, menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon yang akan berakhir pada tahun 2020.

“Pemerintah Kota Tomohon telah dan sedang melaksanakan beberapa program penanggulangan kemiskinan. Program ini melekat di masing-masing perangkat daerah,” jelasnya.

Koordinasi para pihak diharapkan terus dilakukan ditujukan langsung pada program penanggulangan kemiskinan sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan.

Melalui kegiatan fasilitasi koordinasi kemiskinan, menurut Kabag Perekonomian Setda Kota Tomohon, Harny Korompis, dapat merumuskan kebijakan pengendalian kemiskinan daerah, menyosialisasikan hasil pelaksanaan verifikasi dan validasi data terpadu dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih. (Ant)

Komentar