TP PKK Sumbar Gerakan Penghijauan dengan Tanaman Produktif

Editor: Irvan Syafari

63
Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno/Foto: M. Noli Hendra.

PADANG — Sambil menyelam minum air. Ungkapan itu pas  menggambarkan upaya Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan penghijauan sekaligus menggerakan ekonomi.

TP PKK Sumbar menyalurkan bantuan 1.000 batang bibit pohon dan 300 batang bibit buah-buahan untuk ditanam di nagari/desa.

Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno mengatakan, bibit tanaman produktif yang diserahkan itu merupakan upaya untuk penghijauan lingkungan. Akan tetapi, dengan adanya bibit tanaman produktif juga dapat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat di nagari/desa.

“Jadi 1.000 batang bibit pohon itu merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar, dan 300 batang bibit buah-buahan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar,” ucapnya, Rabu (6/12/2017).

Ia menjelaskan, penghijauan lingkungan harus dimulai dari nagari/desa, mengingat sesuatu hal yang dilakukan itu harus dimulai dari bawah atau setingkat nagari/desa. Seiring waktu berjalan, maka sangat diharapkan penghijauan lingkungan dapat dilalakukan ditingkat kecamatan hingga ke kabupaten dan kota.

“Semoga bibit yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menyelamatkan bumi dari kerusakan, serta dapat meningkatkan penghasilan masyarakat, karena pohon yang akan ditanamkan itu merupakan tanaman produktif,” katanya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar Candra mengatakan, tanaman produktif tidak hanya bisa memberikan manfaat dari segi hasilnya. Akan tetapi tanaman produktif juga telah membuat suasana penghijauan lingkungan bagi masyarakat.

Ia menjelaskan, tanaman produktif yang dimaksud seperti manggis, jengkol, petai, kemiri, pinang, pala, kelengkeng, rambutan, mangga, kakao, dan nangka. Sejumlah jenis tanaman produktif tersebut, sangat mudah ditanam, mengingat tidak harus menyediakan lahan yang luas.

“Kebanyakan di pedesaan di Sumbar lainnnya memang sudah ada yang melakukan penanaman tanaman produktif, seperti rambutan dan mangga. Bagi masyarakat yang mempunyai tanaman produktif itu sudah merasakan, betapa adem nya suasana rumah, dan segarnya udara di sekekeliling rumah dengan adanya tanaman pohon,” ucapnya.

Untuk itu, Candara mengakui, alasan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar turut memberikan bantuan tanaman produktif kepada masyarakat di nagari/desa, ialah ingin menciptakan lingkungan yang hijau dan memiliki menfaat yang banyak bagi kehidupan masyarakat.

Komentar