Tundukan Hangtuah, SM Pertamina Masih Perkasa di IBL

BANDUNG – Satria Muda (SM) Pertamina masih perkasa di ajang Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018. Di laga perdana seri II yang dilakoni di Bandung, Jumat (15/12/2017), SM menaklukkan BSB Hangtuah Sumsel dengan skor 91-63.

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan keempat SM secara beruntun di IBL 2017-2018. Sebelumnya, mereka berjaya di tiga laga seri I yang berlangsung di Semarang, dengan mengalahkan NSH Jakarta, Bima Perkasa Jogja dan Satya Wacana Salatiga.

Bertanding di GOR C-Tra Arena, Bandung, Satria Muda benar-benar tak memberikan napas bagi lawannya. Anak-anak asuh Youbel Sondakh unggul paling sedikit sembilan angka di akhir setiap kuarter sebelum menutup laga dengan kemenangan 91-63.

Salah satu faktor keberhasilan SM di partai tersebut adalah kegemilangan pemain lokal, terutama small forward Muhammad Rizal Falconi yang sukses membuat 12 angka, dua rebound dan satu assist. “Saya bersyukur bisa memenangkan pertandingan. Rizal Falconi memang selalu bagus kalau bermain di Bandung. Semoga seterusnya bisa begitu,” ujar pelatih SM Youbel Sondakh.

Di laga itu, center asal Amerika Serikat Dior Lowhorn menjadi yang terbaik untuk SM dengan menorehkan double-double 18 poin, 11 rebound dan satu assist. Sementara di kubu Hangtuah, big man impor Nahshon George mencatatkan angka tertinggi dengan 26 poin, tujuh rebound dan empat assist.

Pelatih BSB Hangtuah Sumsel Andhika Saputro mengakui, timnya tampil buruk khususnya di kuarter ketiga ketika mengubah strategi bertahan dari man to man ke zone defense. “Kami kecolongan banyal poin di situ. Bahkan sampai kebobolan tiga poin tiga kali beruntun,” tutur Andhika.

Bagi Hangtuah Sumsel, takluk dari SM menjadi kekalahan ketiga beruntun di IBL 2017-2018. Di seri I mereka kalah dari Pacific Caesar Surabaya dan Stapac Jakarta. Berikutnya di seri II, Sabtu (16/12/2017), Hangtuah akan menghadapi Bima Perkasa mulai pukul 15.00 WIB. Sementara SM Pertamina baru bertanding lagi pada Minggu (17/12/2017) melawan Bank BJB Garuda Bandung mulai pukul 19.00 WIB. (Ant)

Lihat juga...