Turnamen UNIOR Cup Gelorakan Perbulutangkisan di Jawa Timur

MALANG — Agar dapat menghasilkan bibit-bibit alit bulutangkis yang handal, tentunya dibutuhkan pembinaan sejak dini melalui berbagai gelaran turnamen sehingga bisa memajukan perbulutangkisan Indonesia khususnya di Jawa Timur.

Hal inilah yang kemudian melatar belakangi Unit Olahraga (UNIOR) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan turnamen UNIOR Cup yang ke tiga.

Ketua pelaksana, Faris Syaefudin, menjelaskan bahwasannya turnamen UNIOR Cup diikuti 523 atlit bulutangkis se Jawa Timur dari berbagai kategori usia mulai dari usia dini hingga usia dewasa.

“Untuk kategori usia dini kelahiran maksimal tahun 2007, kategori anak-anak maksimal kelahiran 2005, kategori pemula kelahiran 2003, kategori remaja kelahiran 2001, kategori taruna kelahiran 1999 dan kategori dewasa maksimal kelahiran 1992,” jelasnya.

Menurutnya, turnamen UNIOR Cup memang sengaja digelar setiap tahun. Turnamne ini memberikan wadah sekaligus menggelorakan semangat bertanding para pebulu tangkis Jawa Timur, sehingga dapat mengasah dan meningkatkan kemampuannya.

“Jadi di turnamen ini para atlit bisa mendapatkan lawan yang kemampuannya sepadan atau bahkan di atas mereka. Dengan begitu diharapkan para atlit muda ini bisa termotivasi untuk mengeluarkan semua kemampuannya,”ujarnya.

Lebih lanjut Faris juga mengatakan, nantinya dari turnamen UNIOR Cup bukan tidak mungkin bisa melahirkan bibit atlit bulutangkis yang potensial,tandasnya.

Sementara itu, Faris menceritakan pertama kali Unior Cup digelar pesertanya hanya sedikit karena hanya menyasar siswa SMA dan Mahasiswa.
Tapi di tahun kedua dan ketiga pesertanya meningkat pesat.

Mereka yang menjadi peserta tidak hanya dari siswa SMA maupun mahasiswa saja tetapi juga dari siswa SD dan SMP.

Disampaikan Faris, ada beberapa kategori yang dipertandingkan di Unior Cup yakni kategori perorangan, ganda, dan ganda campuran.

“Untuk para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah uang pembinaan dengan total hadiah 30 juta rupiah,”ucapnya.

Selain itu, pemenang di kategori usia taruna dan remaja akan mendapatkan prioritas untuk bisa masuk ke kampus UIN dengan cuma-cuma.

“Harapan kami, dengan adanya turnamen Unior Cup ini semoga perbulutangkisan di Indonesia khususnya Jawa Timur bisa semakin maju dan berkembang, ” pungkasnya.

Lihat juga...