Uji Coba Asian Games, Persani Ikut Kejuaraan Rusia

JAKARTA — Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) mengirim empat atlet nasional untuk mengikuti kejuaraan senam di Moskow, Rusia demi peningkatan prestasi dalam Asian Games 2018.

“Kami mengikutsertakan dua atlet putra dan dua atlet putri yang telah meraih medali dalam SEA Games Kuala Lumpur 2017,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Persani Dian Arifin di Moskow ketika dihubungi Antara di Jakarta, Rabu (20/12).

Dian mengatakan keikutsertaan dalam Kejuaraan XXIX International Tournament Vorinin Cup 2017 itu merupakan uji coba awal atlet PB Persani sebelum melanjutkan program pembinaan Asian Games pada 2018.

“Kami sudah merencanakan dua kali lagi kejuaraan uji coba pada 2018. Tapi, kami masih menunggu anggaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga jika proposal pembinaan kami disetujui,” ujarnya.

Empat atlet yang mengikuti kejuaraan senam internasional di Moskow, Rusia adalah Rifda Irfanaluthfi, Armartiani, Agus Adi Prayoko, dan Dwi Samsul Arifin.

“Kami mengajukan 18 atlet untuk Asian Games yaitu satu tim artistik yang terdiri dari enam putra dan enam putri, empat atlet ritmik, dan dua atlet trampolin,” kata Dian.

Sebelumnya, PB Persani merencanakan dua kejuaraan internasional sebagai ajang uji coba bagi atlet-atletnya jelang Asian Games pada 2018.

Dua kejuaraan internasional itu berada di Amerika Serikat dan Bulgaria yang akan berlangsung pada 2018.

Selain uji coba bagi atlet, PB Persani juga akan menggelar kejuaraan uji coba penyelenggaraan Asian Games cabang senam di Stadion Istora, Senayan, pada April 2018.

Kejuaraan uji coba Asian Games itu, menurut Dian, merupakan rekomendasi dari Persatuan Senam Asia (AGU).

“Lokasi pertandingan cabang senam Asian Games 2018 di Jakarta International Expo Kemayoran. Kami sudah melaporkan lokasi uji coba kepada federasi Asia dan mereka tidak masalah,” tutur Dian(Ant).

Lihat juga...