Uji Kesiapsiagaan, BPBD Balikpapan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Editor: Satmoko

76
Simulasi penanggulangan kebakaran di Kampung Atas Air Kota Balikpapan. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Uji kesiapsiagaan Sumber Daya Manusia (SDM), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan melaksanakan simulasi penanggulangan bencana akibat kegagalan teknologi di Kampung Atas Air Kelurahan Margasari, Kota Balikpapan, Rabu siang (6/12/2017). Dalam skenario simulasi penanggulangan tersebut belasan warga terluka.

“Kita harus selalu siap siaga seperti menggelar simulasi supaya aparat, relawan dan tim lainnya termasuk masyarakat mengetahui titik lemah dalam berkoordinasi,” kata Budi Sunarso, pemantau dari BNPB, di sela kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran, Rabu (6/12/2017).

Fasilitator BNBP Pusat Budi Sunarso. Foto: Ferry Cahyanti

Ia menilai dari hasil pantauan kesiapsiagaan personil dalam penanggulangan bencana sudah sigap. Hanya saja dalam simulasi itu ditemukan adanya kendala saat mengevakuasi korban. “Kendala ini menjadi PR, bagaimana korban bisa dievakuasi dengan cepat. Kalau jalur darat terhambat maka segera pikirkan jalur lain misalnya evakuasi lewat air atau udara,” tandasnya.

Budi mengatakan dalam simulasi penanggulangan dilibatkan BPBD kota, Kodim 0905, Polres, Basarnas, Pertamina, Total E&P, Dinas Kesehatan Kota, Kecamatan Balikpapan Barat, Dinas Perhubungan, DLH, PMI, Banda Indonesia, Balakrcana, Orari, Info bencana dan warga Kelurahan Margasari.

“Dalam simulasi itu telah terjadi kebakaran hebat melanda perkampungan atas air di kota Balikpapan. Tidak hanya membakar rumah, belasan warga yang panik juga menjadi korban keganasan api yang berkobar. Mereka mengalami luka bakar di tangan dan badan, bahkan ada yang patah,” tukasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Mino menyambut baik kegiatan simulasi tersebut. Dengan latihan personil siap dan warga tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi musibah kebakaran.

“Bagus saja, tadi sempat panik ada apa. Ternyata latihan kesiapsiagaan, bagus saja agar personil siap,” pungkasnya.

Komentar