Ukur Kesiapan Asian Games, PSSI Gelar Tes Even

YOGYAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengagendakan test event pada bulan Februari mendatang. Test event digelar sebagai bagian dari persiapan menyambut Asian Games bulan Agustus 2018. Namun PSSI tidak mematok target muluk.

“Targetnya bagaimana mengukur kesiapan, menganalisa kekurangan kami dan mempertajam kelebihan yang sudah ada,” ucap Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, Jumat (22/12/2017).

Dalam tes even, ucap Danurwindo, Luis Milla selaku pelatih kepala Timnas Indonesia ingin mencari negara-negara kuat sebagai lawan tanding. Hal ini dilakukan guna memastikan kesiapan tim menghadapi lawan pada Asian Games yang digelar di Indonesia.

“Bukan soal kalah menang, tapi bagaimana kami bisa melawan tim-tim yang jadi calon lawan di Asian Games. Dari situ, saya sebagai HPU (High Performance Unit) bersama Luis Milla bisa menganalisa dan mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan sebelum Agustus 2018 saat Asian Games berlangsung,” ungkapnya.

Terkait dengan sejumlah pemain yang akan berlaga di kompetisi luar negeri seperti Ilham Udin Armayn, Evan Dimas, Andik Vermansyah, Kartika Aji, Gavin Kwan Adsit dan Ryuji Utomo, Danurwindo memastikan mereka tidak akan mengganggu persiapan timnas.

“Luis Milla tidak menggelar TC (training camp) jangka panjang. Semua diberikan dan dicari pada kompetisi lokal saja, saringannya di sana. TC yang jangka panjang itu justru bisa memuat konsentrasi pemain hilang,” tandas mantan pelatih Timnas Primavera itu.

Untuk tes even Asian Games cabang sepak bola, PSSI baru memastikan tiga negara yang ambil bagian. Di luar Timnas Indonesia selaku tuan rumah, masih ada Tiongkok, Malaysia dan Korsel yang akan turut serta.

Cabang sepak bola termasuk dalam sembilan cabang wajib yang diharuskan Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk menggelar tes event Februari mendatang.

Lihat juga...