Usai Hujan, Sungai Ilir Langganan Sampah Menumpuk

Editor: Satmoko

32
Warga membersihkan sampah di Sungai Gunung Sari Ilir, Kelurahan Gunung Sari Ilir. Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Setelah hujan turun, beberapa titik drainase dipenuhi sampah yang rata-rata didominasi oleh sampah plastik. Seperti di sungai Gunung Sari Ilir, Kota Balikpapan, pasca hujan sampah berkali-kali menumpuk di kawasan tersebut.

Pihak kelurahan pun langsung bergerak mengajak warga untuk bergotong royong membersihkan drainase yang dipenuhi sampah.

Lurah Gunung Sari Ilir, Suparli mengatakan, sampah yang ada di sungai atau drainase Gunung Sari Ilir itu bukan berasal dari warga sekitar namun sampah kiriman dari hulu ke hilir sehingga menumpuk pada satu titik akhir.

Lurah Gunung Sari Ilir, Suparli. Foto: Ferry Cahyanti

“Kalau warga sekitar kami selalu minta untuk buang sampah pada tempatnya dan kesadaran warga sudah cukup tinggi. Kemungkinan itu sampah dari mana-mana, namanya aliran air hujan kalau ada sampah juga ikut,” jelasnya saat ditemui Jumat (8/12/2017).

Menurut Suparli, hingga kini sudah 7 kali melakukan pembersihan dan mengangkut sampah yang ada di drainase. Namun, setelah bersih dan kembali hujan maka sampah kembali menumpuk.

“Sudah tujuh kali dibersihkan drainase ini, tapi saat hujan kembali menumpuk. Kalau dilihat didominasi oleh sampah plastik. Mudah-mudahan masyarakat bisa sadar akan pentingnya membuang sampah di TPS yang sudah disediakan dan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” paparnya.

Setiap sampah menumpuk, pihaknya bersama warga sekitar bersama-sama membersihkan sampah yang ada di drainase. Lanjut Suparli, di sungai itu ada pipa besar dan membantu menjaring sampah untuk langsung ke laut sehingga dalam pengangkutan sampah juga lebih dimudahkan.

“Harapannya dengan upaya yang dilakukan bersama warga sekitar dalam membersihkan drainase, masyarakat bisa mellihat dan mengingat pentingnya menjaga kebersihan. Khususnya dalam membuang sampah di TPS yang sudah disediakan dan tidak membuang sembarangan,” imbuh Suparli.

Komentar