Wakapolri Jadi Ketua Kontingen AG 2018 Indonesia

JAKARTA – Wakapolri Komisaris Jendera (Pol) Syafruddin ditunjuk menjadi ketua kontingen atau Chef De Mission (CDM) Indonesia di Asian Games (AG) 2018. CDM memiliki ketugasan memastikan prestasi atlet nasional pada Asian Games di Jakarta dan Palembang, 8 Agustus-2 September 2018.

“Hari ini saya ditunjuk sebagai Chef De Mission kontingen Indonesia di Asian Games, untuk memimpin 40 cabang olahraga,” kata Komjen (Pol) Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Wakapolri Syafruddin dan sejumlah pejabat, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani Inderawati, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi, serta Jaksa Agung Muhammad Prasetyo hadir di Istana Wapres untuk rapat tentang pengadaan dan anggaran Asian Games 2018.

Menurut Syafruddin, tugas utamanya sebagai CDM adalah memastikan prestasi kontingen Indonesia pada Asian Games. Kepastian tersebut dipantau melalui pelatihan, uji tanding hingga masuk ke gelanggang untuk 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di AG 2018. “Orientasinya prestasi, tentu medali emas, 20 medali emas,” kata Syafruddin menjawab targetnya sebagai CDM.

Lebih lanjut, Wakapolri menyebut, untuk mencapai target itu akan dilakukan koordinasi dengan seluruh pengurus besar 40 cabang olahraga yang akan turun di Asian Games. Mulai dari kesiapan pelatihan nasional, kesiapan atlet, dan seluruh komponen pendukung, hingga kesiapan fisik dan mental atlet untuk bertanding.

“Pak Wapres secara khusus memerintahkan saya untuk memimpin kontingen Indonesia dan menghasilkan prestasi maksimal yang belum pernah didapat oleh kontingen Indonesia selama ini baik dimana pun,” tandasnya.

Sekretaris Menpora Gatot Dewa Broto yang juga hadir dalam rapat tersebut, menyebut penunjukan Wakapolri sebagai CDM Indonesia oleh Wapres Jusuf Kalla selaku ketua Dewan Pengarah Panitia Asian Games 2018 telah secara resmi dilakukan pada Jumat (15/12/2017) lalu. (Ant)

Lihat juga...