Wako Padang: Sinergi Warga-Pemerintah Meningkat Selama 2017

PADANG — Wali Kota (Wako) Padang di Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, menilai sinergi antara warga dan pemerintah selama 2017 mengalami peningkatan dengan terealisasinya beberapa program.

“Beberapa program seperti tanam cabai, 18-21, tahfiz atau kebersihan cukup berjalan baik tahun ini, diharapkan ini berlanjut di tahun depan,” katanya, di Padang, Sabtu(23/12/2017).

Menurut Mahyeldi peningkatan sinergi ini bisa dilihat dari munculnya kreativitas masyarakat di lingkungan sekitarnya dalam merealisasikan program pemerintah.

Semisal program menanam cabai atau bawang di pekarangan dapat direalisasikan dengan adanya panen besar cabai di Tabing beberapa bulan lalu.

Meski ini belum signifikan mengatasi persoalan ekonomi, namun hal tersebut bila terlaksana di 11 kecamatan yang ada tentu akan membantu dalam hal penyediaan bahan pokok.

“Jelas itu sesuai tujuan kami dalam mewujudkan ketahanan pangan,” ujar dia.

Kemudian dapat terlihat dari mulai munculnya daerah percontohan penerapan program pendidikan keluarga 18-21 di beberapa kecamatan.

Hal ini mengindikasikan adanya kesamaan persepsi antara pemerintah dan warga dalam mendidik anak dan pemuda dalam menyiapkan generasi emas.

Selain itu adanya tujuan yang sama dalam mengentaskan perilaku kenakalan remaja yang berujung pada kriminalitas dan tindakan menyimpang.

“Saat ini masyarakat berbondong-bondong menyekolahkan anaknya masuk rumah Tahfiz untuk menghafal Al Quran, ini sejalan dengan program Pemkot menjadikan Padang kota penghafal Al Quran,” ujarnya.

Masyarakat termotivasi dengan beberapa kesempatan menjadi penghafal Al Quran seperti masuk perguruan tinggi favorit, sekolah populer dan melaksanakan umrah.

Sinergi dalam program kebersihannya juga berjalan baik dengan ditandainya capaian Adipura setelah delapan tahun absen.

Dia berharap di tahun depan dengan program dan rencana yang berbeda, sinergi tetap terjaga dan dapat menguntungkan kedua belah pihak khususnya dalam pembangunan dan kesejahteraan.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat di Lubuk Kilangan Nenden Tedja menilai kolaborasi pemerintah dan masyarakat akan menciptakan suatu daerah berprestasi dalam berbagai sektor.

Contoh kecil dalam suatu kecamatan dan kelurahan dengan sinergi yang baik antara perangkat pemerintah dan masyarakat menjadikan penghargaan berprestasi.

Meskipun demikian dalam hal ini pimpinan menjadi tolok ukur sinergi tersebut.[Ant]

Lihat juga...