Wali Kota Padang Serukan Boikot Produk Israel

PADANG — Orasi Aliansi Masyarakat Sumbar Peduli Palestina yang diikuti ribuan orang di Halaman Kantor Gubernur berujung pada pernyataan memboikot produk Israel dan konco-konco-nya. 

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, yang turut berorasi peduli Palestina mengatakan, Israel dan konco-konco-nya adalah musuh umat muslim. Untuk itu, sebagai bentuk menentang pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump, terkait menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Mahyeldi mengajak masyarakat untuk memboikot produk Israel dan negara pendukung lainnya.

Koordinator Orasi Peduli Palestina, Irfianda Abidin, saat memberikan keterangan pers. -Foto: M. Noli Hendra

“Dari sekarang, saya sampaikan dan mengimbau kepada masyarakat Kota Padang dan Sumatera Barat pada umumnya, agar tidak membeli atau pun menggunakan produk Israel dan konco-konco-nya,” tegasnya, Jumat (15/12/2017).

Ia mengaku, meski belum mengetahui apakah produk-produk Israel dan juga Amerika Serikat beredar di Kota Padang, namun Mahyeldi tetap menyerukan kepada masyarakat untuk memboikot produk Israel dan konco-konco-nya.

“Saya juga berharap hasil dari kongres OKI yang berlangsung di Turki itu dapat menjadi solusi dari persoalan pernyataan sikap sepihak dari AS,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Orasi Peduli Palestina, Irfianda Abidin, juga mengatakan orasi yang dilaksanakan oleh masyarakat Sumatera Barat itu merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap Palestina, Al-Quds, yang kini diusik oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang dikatakan akan menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Kita dari masyarakat Sumatera Barat dengan latang menyatakan, bahwa kami selalu bersama Palestina. Maka dari itu, aksi orasi hari ini adalah bukti kepedulian,” ucapnya.

Ia menyebutkan, ada sejumlah pernyataan sikap masyarakat Sumatera Barat terhadap Israel dan Amerika Serikat, yang di antaranya masyarakat di Sumatera Barat sepakat akan memboikot produk-produk Israel dan konco-konconya.

Menurutnya, memboikot adalah cara yang bisa dilakukan sebagi bentuk sikap muslim untuk melawan para Israel dan konco-konco-nya. Untuk itu, ia berharap pada Konferensi OKI, ada kesepakatan dan sikap untuk melawan pernyataan sikap sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Lihat juga...