Warga Pulau di Sangkarrang Buat Tanggul Pemecah Ombak

MAKASSAR — Warga Pulau Barrang Caddi, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang secara swadaya mengumpulkan dana dan membuat sendiri tanggul pemecah ombaknya untuk mencegah terjadinya abrasi.

“Saya selaku pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi inisiatif warga Pulau Barrang Caddi ini, karena mereka secara gotong royong membuat sendiri tanggul pemecah ombaknya,” ujar Camat Sangkarrang Makassar, Firnandar Sabara di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan, warga RW 02 pada khususnya yang mendirikan tanggul pemecah ombak ini menyadari jika abrasi pantai akan terjadi dan secara gotong-royong bersama warga lainnya membangung tanggul tersebut.

Dengan melihat inistaif dan keseriusan warga itu, dirinya juga kemudian melaporkan hal tersebut ke pemerintah kota dan akan mengkoordinasikannya dengan dinas terkait agar mendapatkan bantuan.

“Secara kualitas memang tidak sama tanggul yang di bangun secara swadaya oleh warga dengan yang dikerjakan langsung oleh kontraktor pemerintah. Makanya, kita akan koordinasikan dengan dinas terkait untuk mendapatkan bantuan pembangunan lanjutan,” katanya.

Firnandar juga mengaku jika sebelum pembangunan tanggul pemecah ombak oleh warganya itu, pihaknya telah melakukan pengkajian mengenai masalah tersebut.

Ia menyatakan jika pembangunan tanggul pemecah ombak di wilayah kepulauan baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni memang perlu dilakukan.

“Sebelum pengerjaan ini dilaksanakan, kami juga sudah melakukan pengakajian serta persiapan yang matang. Ini dilakukan dengan tujuan agar ke depan dalam pelaksanaannya tidak ada lagi penolakan dari masyarakat,” pungkasnya. [Ant]

Lihat juga...