1.000 Hektare Tanaman Padi di Aceh Utara Diserang Wereng

138

LHOKSUKON – Para aktivis tergabung di Komunitas Petani Muda Pasee (KPMP) menemukan tanaman padi petani di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, diserang hama wereng batang coklat (WBC) yang menyebabkan terancam puso.

Ketua KPMP, Zaman Huri, menyatakan, pihaknya menemukan hama WBC menyerang tanaman padi di sejumlah desa di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kuta Makmur, Seunuddon, Tanah Jambo Aye, Baktiya, dan Kecamatan Langkahan.

“Diprediksi lebih dari 1.000 hektare tanaman padi telah diserang hama WBC tingkat ringan di enam kecamatan itu. Hama WBC menyerang tanaman padi petani secara sporadis sejak sepekan terakhir,” katanya, Senin (29/1/2018)

Hasil temuan pihaknya, sebut Zaman Huri, terparah serangan WBC dari sejumlah kecamatan itu terjadi di Desa Tanjong Dalam, Kecamatan Langkahan. WBC yang menyerang tanaman padi di desa itu telah melampaui ambang batas pengendalian.

Dikatakan, serangan WBC ini awalnya membuat daun tanaman padi menguning, lalu batangnya perlahan-lahan mengering yang menyebabkan puso. Ini berbahaya bila tidak segera diatasi, karena bisa mengakibatkan petani gagal penen.

Saat ini, sambung Zaman Huri lagi, rata-rata tanaman padi di sejumlah kecamatan tersebut yang diserang WBC sudah bunting dan berbuah. Pihaknya meyakini, bila penanganannya cepat, maka WBC ini akan dapat teratasi.

“Langkah yang telah kami lakukan saat ini adalah menyosialisasikan para petani, misalnya menganjurkan menyemprot dengan pestisida aktif dari beberapa produk yang dinilai ampuh. Meski demikian, peran dinas terkait sangat dibutuhkan untuk menangani persoalan ini,” sebut Zamah Huri.

Dikatakan, jika pemerintah melalui dinas terkait tidak segera turun tangan mengatasi serangan hama tersebut, maka tidak tertutup kemungkinan para petani di sejumlah kecamatan itu akan gagal panen.

Untuk diketahui, hama yang memiliki nama latinnya nilaparvata lugens itu, merupakan hama utama pada tanaman padi. WBC ini merontokkan tanaman padi dengan cara mengisap cairan batang secara berjamaah.

Serangan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan warna daun dan batang padi berwarna kuning, dan terakhir akan mengering. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...