Aktivitas Vulkanik Gunung Lokon Kembali Meningkat

TOMOHON – Aktivitas vulkanik Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) kembali meningkat. Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Lokon mencatat, peningkatan aktivitas sudah terasa pada beberapa hari terakhir.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu Farid R Bina mengatakan, kegempaan vulkanik sudah mulali muncul pada awal tahun lalu. “Kegempaan vulkanik sejak awal tahun baru mulai muncul, ada yang sampai sembilan kali, 12 kali dan terus naik sampai 24 kali dalam satu hari,” jelas Farid di Tomohon, Jumat (19/1/2018).

Dari rekaman alat, pada 17 Januari tercatat terjadi 95 kali gempa vulkanik dangkal dan dua kali gempa vulkanik dalam. Kemudian di 18 Januari tercatat terjadi 66 gempa vulkanik dangkal dan tiga kali gempa vulkanik dalam. Kegempaan tersebut juga sering disertai dengan gempa tektonik dan gempa embusan.

“Dalam kondisi normal rata rata kegempaan vulkanik yang terekam di bawah lima kali,” jelasnya.

Peningkatan kegempaan vulkanik ini disebutnya, akibat adanya suplai magma, apalagi telah terjadi beberapa kali peningkatan aktivitas pada periode sebelumnya. “Apakah akan akan terjadi letusan, kami belum tahu. Tapi kami akan melakukan evaluasi apabila kegempaannya terus meningkat,” ujarnya.

Sebelumnya tercatat Gunung Kokon di Tomohon dilaporkan mengalami peningakatan vulkanik di September dan November tahun lalu. (Baca : https://www.cendananews.com/2017/11/gunung-lokon-menggeliat-status-waspada.html). (Ant)

Lihat juga...