Anies Akan Pulangkan Becak dari Luar Jakarta

81

JAKARTA —- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan untuk mencegah becak dari luar daerah masuk Jakarta, dia akan melakukan pendataan jumlah becak di Ibu Kota.

Pendataan tersebut akan dilakukan Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama Serikat Becak Jakarta (Sebaja). Cara yang ditempuh ini untuk memastikan jumlah becak di Jakarta terpantau dan tidak mengalami peningkatan.

“Jadi lagi pendataan, di data namanya (pengemudi), becaknya, kemudian diberi striker di becaknya supaya terindentifikasi karena dalam rangka mendata berapa sebenarnya becak yang beroperasi,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Dia yakin dengan cara seperti itu bisa memastikan jumlah becak yang ada di Jakarta dengan memiliki identitas Jakarta menjadi terpantau dan tidak mengalami peningkatan yang tinggi. Pasalnya, itu sesuai permintaan dari para pengayuh becak.

“Apa yang terjadi becak-becak yang di sini pun menolak becak pendatang, jadi kita cepat dapat laporan karena becak yang ada di sini pun tidak menginginkan kedatangan becak baru,” ucapnya.

Anies telah menginstruksikan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengawasi oknum yang ingin mengirimkan becak ke Jakarta. Pihaknya tidak segan-segan menyita becak tersebut jika ada oknum yang bandel.

Lantaran terdapat puluhan becak yang diangkut menggunakan truk tiba di Jakarta. Kemudian Satpol PP langsung menghadang satu truk bermuatan becak.

“Begini, di Satpol PP itu memantau dan mereka sempat mendapatkan ada beberapa becak yang kemudian belum sempat rutun truknya sudah disuruh kembali (ke kampung halamannya),” tutur Anies.

Kemudian Satpoll PP itu langsung mengusir satu truk yang membawa becak ke Jakarta. Namun saat ditanya daerah mana, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tidak mengingat bahwa daerah mana yang hijrah ke Jakarta.

Enggak ingat saya daerah mana, tapi mereka datang ketahuan terus pulang,” pungkasnya.

Sampai saat ini pun Anies belum bisa memastikan jumlah becak yang ada di Jakarta untuk dijadikan angkutan lingkungan. “Belum saat ini masih ditata, dihitung. Mudah-mudahan setelah penghitungan kita tahu persis (berapa jumlah becak di Jakarta),” harapnya.

Lanjutnya setelah perhitungan dan perdataan selesai dan becak-becak itu nantinya akan diberikan stiker. Dia pun menegaskan tidak bisa untuk penambahan becak setelah pendataan selesai. Dari data sementara terdapat sembilan kelurahan dari 267 yang telah diindentifikasi di Jakarta.

Enggak, sudah. Ditata kalau tidak salah ada sembilan kelurahan yang didatangi dari 267 yang diatur diindentifikasi ada becak-becak beberapa di wilayah Selatan,” tuturnya.

Nantinya tukang becak ini yang sudah resmi akan diadakan pelatihan. Namun Anies enggan menjelaskan pelatihan seperti apa. “Pelan-pelan kita belum menyusun kebijakannya,” tutupnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.