Anies Lantik Tim Penggerak PKK, Putus Rantai Kemiskinan Jakarta

46

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini melantik tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi DKI. Dalam pelantikan ini, Anies meminta kepada Tim Penggerak PKK harus memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Dia meminta Tim Penggerak PKK harus bisa merangsek ke kampung-kampung yang tingkat ekonomi warganya rendah. Anies menuturkan, dengan adanya program OK OCE bisa mengurangi rantai kemiskinan. Sekaligus selalu mengajak ibu-ibu mensukseskan program PKK dengan pelatihan. Anies juga mau dengan adanya kegiatan PKK ibu-ibu lebih produktif sekaligus membuat lapangan kerja.

“Kita prioritaskan pada mereka yang belum sejahtera. Kampung-kampung miskin yang jadi prioritas kegiatan ini. Sehingga ini bisa memotong rantai kemiskinan. Salah satunya dengan program OK OCE, dimana ada pelatihan untuk warga. Dengan mengajak para ibu aktif kegiatan produktif,” ujar Anies di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2018).

Anies ingin dengan adanya kegiatan produktif usaha para ibu PKK bisa memiliki pasar yang lebih besar. Sekaligus kemampuan pengelolaan bisnis yang baik dan pengelola keuangan. Anies juga mengatakan, kalau sekarang banyak kaum ibu yang memiliki usaha di rumah. Namun menurutnya, usaha tersebut dinilai datar, tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Kita ingin agar kegiatan produktif usaha dari para ibu memiliki pasar yang lebih besar. Memiliki kemampuan pengelolaan bisnis yang baik, pengelola keuangan yang lebih baik. Kita tahu sekali ibu-ibu banyak yang memiliki usaha di rumah, tapi pertumbuhannya datar. Tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan karena hanya menjangkau lingkungan sekitar,” paparnya.

Dia berharap dengan PKK masuk ke dalam ruang lingkup masyarakat miskin bisa menjadi salah satu instrumen untuk mendidik masyarakat memiliki keterampilan. Kemudian dengan adanya fasilitas dari PKK dengan melatihnya, maka ibu-ibu bisa lebih mengembangkan usaha. Menjangkau yang lebih luas lagi di zaman teknologi saat ini.

“Harapannya, bisa menjadi salah satu instrumen untuk mendidik agar bisa mengembangkan usaha dengan jangkauan lebih luas. Ditambah kita tahu teknologi sekarang memungkinkan untuk industri rumahan ke pasar lebih luas. Seperti kuliner rumahan kini tumbuh pesat karena mereka memiliki jangkauan yang juga lebih luas,” jelasnya.

Anies pun memerintahkan kepada pengurus Tim Penggerak PKK untuk memprioritaskan kepada masyarakat yang belum sejahtera. Seperti kampung miskin yang diprioritaskan dalam kegiatan ini. Dia juga memesan mempersiapkan kaderisasi supaya muncul generasi baru.

“Saya sampaikan prioritaskan pada mereka yang belum sejahtera. Kampung-kampung miskin yang jadi prioritas kegiatan ini sehingga memotong rantai kemiskinan,” katanya.

“Pesan saya siapkan kaderisasi karena kalau tidak ada regenerasi maka tidak ada generasi baru. PKK harus membuka diri dengan menjangkau dan mengajak,” ucapnya.

Anies juga berdoa semoga kepengurusan PKK bisa sukses di lima tahun ke depan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.