Atlet Delapan Provinsi Ramaikan Jambore Panahan Se-Indonesia

150

JEMBER – Ratusan atlet dari delapan provinsi mengikuti jambore panahan se-Indonesia. Jambore digelar di lapangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur, 26-28 Januari.

“Saya berharap kegiatan jambore panahan yang digelar IAIN Jember itu mampu menjadi cambuk bagi atlet panahan menggapai prestasi,” kata Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief di Jember usai melepaskan sebuah anak panah sebagai pembukaan kegiatan memperebutkan Piala Rektor IAIN Jember tersebut, Jumat (26/1/2018).

Tercatat atlet yang mengikuti turnamen sebanyak 304 orang. Mereka berasal dari belasan kabupaten dan kota di delapan provinsi. Kontingen tuan rumah diperkuat 72 atlet mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga peserta dari masyarakat umum. “Dalam kegiatan itu diharapkan bisa mencari bibit-bibit atlet yang berprestasi untuk dibawa pada kegiatan panahan yang lebih tinggi,” tambah Arief.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan jambore panahan tersebut. Atlet yang hadir berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Timur dan Bali. “Sedikitnya 18 kabupaten dan kota yang tersebar di delapan provinsi se-Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan jambore panahan nasional itu,” tuturnya.

Ia mengatakan, awal kegiatan jambore panahan se-Indonesia merupakan ide komunitas mahasiswa panahan di IAIN Jember. “Kegiatan jambore panahan nasional diharapkan dapat memasyarakatkan kegiatan olah raga tersebut karena tidak hanya tanggung jawab pemerintah untuk mencari bibit-bibit atlet nasional, namun tanggung jawab bersama,” katanya.

Para peserta berasal dari tingkat SD hingga masyarakat umum dengan kategori yang dilombakan yakni tunggal putra dan putri dari tingkat SD dengan jarak 20 meter, SMP 30 meter, SMA 40 meter, mahasiswa 40 meter, dan umum 40 meter. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...