banner lebaran

Bandung Raih Penghargaan Kota Wisata Bersih Asia Tenggara

122

BANDUNG — Kota Bandung meraih penghargaan “Asean Clean Tourist City” atau Kota Wisata Bersih Asia Tenggara di Asean Tourism Award (ASANTA) 2018 yang berlangsung di Chiang Mai, Thailand.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, raihan ini merupakan berkat kerja keras pemerintah kota bersama masyarakat dalam pengelolaan lingkungan, kebersihan, dan ketertiban dalam menopang berbagai destinasi wisata unggulan.

“Alhamdulillah, kita dapat meraih ASEAN Clean Tourist City. Bandung ini konsen untuk ke pariwisataan dan pelayanannya terhadap wisatawan, intinya seperti itu,” ujar Kenny di Bandung, Senin (29/1).

Kenny menjelaskan, sebelum meraih penghargaan tersebut, Kota Bandung selama satu tahun dinilai oleh Kementerian Pariwisata. Hasil penilaian tersebut kemudian dikirim ke ASEAN Tourism Forum untuk kembali dinilai bersama kota-kota di negara ASEAN lainnya.

Adapun penilaian dari tim Kementerian Pariwisata seperti fasilitas, sarana umum di destinasi wisata, termasuk keberadaan trotoar menjadi nilai tambah.

“Kebetulan Bandung ada beberapa destinasi yang baru taman-taman baru di revitalisasi. Itu jadi nilai tambah si penilai,” katanya.

Keberhasilan raihan ini bukan hanya diperoleh Kota Bandung saja, Kota Surabaya dan Banyuwangi pun meraih predikat serupa. Selain itu, Indonesia juga menyabet 12 penghargaan lain di kategori berbeda.

Kenny mengaku bersyukur atas raihan tersebut untuk yang pertama kalinya. Hal ini akan menjadi ajang promosi wisata bagi Kota Bandung agar lebih dikenal oleh masyarakat ASEAN.

“Ini juga untuk masyarakat Bandung menjadi kesempatan untuk meningkatkan pariwisatanya dengan menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi turis,” kata dia (Ant).

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.