Bangka Belitung Terbitkan 150 Sertifikat Halal

182

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama 2017 telah menerbitkan 150 sertifikat halal. Penerbitan tersebut dilakukan untuk membantu peningkatan mutu dan kualitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kepulauan Babel, Elfiyena mengatakan, sertifikat halal dikeluarkan untuk menjamin mutu dan kebersihan hasil olaham makanan dari pelaku UMKM. Dinas Koperasi dan UMKM menurutnya, memfasilitasi pelaku usaha agar dapat memiliki sertifikat halal untuk mendorong produk makanan dan minuman khas daerah tersebut dapat bersaing di pasar global.

“Selama 2017, kita sudah mengeluarkan Rp649 juta untuk penerbitan sertifikat halal kepada 150 UMKM atau mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya hanya 35 sertifikat halal,” katanya, Senin (8/1/2018).

Elfiyena mengatakan pada tahun ini, pihaknya akan menerbitkan 400 sertifikat halal. Sertifikat yang dikeluarkan terdiri dari kategori olahan makanan, rumah potong hewan dan unggas. Untuk rencana tersebut disiapkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar.

“Tahun ini kita menargetkan 400 UKM memiliki sertifikat halal, agar pelaku UKM terus berkembang dan berdaya saing di pasar nasional dan internasional,” tambahnya.

Dengan anggaran yang disiapkan, proses sertifikasi halal penerbitan sertifikatnya tidak dipungut biaya. Pemerintah daerah memberikan disubsidi melalui Dinas Koperasi dan UMKM. Selain mengeluarkan subsidi untuk penerbitan sertifikat halal, pemerintah juga menggencarkan sosialisasi untuk pelaku UMKM agar dapat mensertifikasi produknya.

“Penerbitan sertifikat halal terus digencarkan melalui sosialisasi kepada semua pelaku UKM,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...