Belut Rica Rica Kuliner Pedas Penghangat di Kala Musim Hujan

299

LAMPUNG — Belut sawah, jenis ikan dengan kandungan protein tinggi ini cukup digemari di Indonesia. “Binatang licin” ini kerap diolah dalam berbagai bentuk, baik yang sederhana maupun yang berkelas.

Kali ini Cendana News berbagi cara pengolahan belut sawah dari warga di Lampung Selatan. Hartek (30) bersama istrinya, Neny (29) membagi ilmu cara pengolahan Belut Rica Rica khas Manado yang “menggigit lidah” dan dapat menghangatkan tubuh di kala musim hujan.

“Awalnya saya dan isteri belajar cara masak rica rica yang memiliki cita rasa pedas dari keluarga orang Manado. Bumbu rica rica tidak hanya diterapkan pada belut, tapi juga pada masakan ayam hingga daging,” terang Hartek.

Bumbu yang disiapkan di antaranya cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam dan gula merah. Sebagai pelengkap sensasi pedas dan hangat bagi tubuh ditambahkan bumbu jahe, lada, cabai jawa, ketumbar, merica dan cuka.

Proses penggorengan hingga pemberian bumbu untuk pengolahan belut rica rica dilakukan Neny [Foto: Henk Widi]
Neny menyebut beberapa bahan sebetulnya bisa ditiadakan namun sesuai selera termasuk kondisi cuaca sejak awal bulan Januari didominasi musim hujan membuat bumbu pencipta rasa pedas lebih diperbanyak, termasuk memiliki manfaat menghangatkan tubuh dalam kondisi udara dingin.

Proses pengolahan belut rica rica terbilang mudah. Belut dibersihkan dan dipotong kecil kecil.

“Sebelum digoreng belut direndam dalam larutan garam, bawang putih, jeruk nipis atau cuka sehingga aroma amisnya berkurang dan meresap ke daging,” terang Neny.

Semua bumbu utama yang dihaluskan disiapkan dalam wajan di antaranya bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, ketumbar, merica, lada. Proses penumisan dilakukan sembari meniriskan belut yang sudah digoreng dan dimasukkan dalam wajan dengan ditambah gula merah, penyedap rasa. Setelah sekitar lima belas menit dengan aroma rica rica tercium menu tersebut siap disajikan.

Hartek mengaku menu tersebut sangat cocok bagi pemburu makanan pedas dan bisa menghangatkan tubuh saat kondisi cuaca dominan hujan. Selain bisa menambah daya tahan tubuh, belut rica rica juga memiliki nilai gizi yang tak kalah dengan ikan jenis lain.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.