China Bantu Operasi Jantung 100 Anak Kamboja

Ilustrasi - Dok: CDN

PHNOM PENH – China akan memberikan bantuan operasi secara cuma-cuma bagi 100 anak Kamboja yang mengidap penyakit jantung bawaan. Program bantuan yang disebut dengan Perjalanan Sayangi Jantung China-Kamboja itu akan dijalankan dalam rentang waktu tiga tahun.

Program diluncurkan Perdana Menteri China Li Keqiang dan Perdana Menteri Kamboja Samdeh Techo Hun Sen di Istana Perdamaian di ibu kota negara Kamboja, Phnom Penh, Kamis (11/1/2018).

Dalam program tersebut para personel medis dari China akan secara langsung mengajari mitra-mitra mereka dari Kamboja. Para personel medis Kamboja juga akan mendapatkan kesempatan untuk berangkat ke China guna mengikuti pelatihan dalam penanganan penyakit jantung.

China dan Kamboja untuk melakukan penelitian menyangkut pemeriksaan dini serta penanganan menyeluruh terhadap penyakit jantung. Kedua pemimpin juga meluncurkan proyek Rumah Sakit Persahabatan China-Kamboja Preah Kossamak serta Rumah Sakit Provinsi Tboung Khmum.

Rumah Sakit Preah Kossamak, yang telah berdiri selama lebih dari 100 tahun, di Phnom Penh merupakan salah satu rumah sakit tertua di Kamboja. China akan membangun sebuah gedung medis di kompleks rumah sakit itu dengan luas keseluruhan 29.000 kilometer persegi dan menampung 400 tempat tidur. Rumah sakit tersebut telah diubah namanya menjadi Rumah Sakit Persahabatan China-Kamboja Preah Kossamak.

Sementara, RS Provinsi Tboung Khmum berlokasi di Tboung Khmum, yaitu provinsi yang baru dibentuk di dekat Phnom Penh. Pemerintah Kamboja berencana menempatkan 80.000 orang di wilayah itu. (Ant)

Komentar